UT - Family and Consumer Sciences
Browse by
Recent Submissions
-
Pengaruh Kontrol Orang Tua, Fear of Missing Out (FOMO), dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Bermain Game Online Siswa SMP
(2022-08)Salah satu konten di internet yang sering diakses remaja adalah game online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol orang tua, FOMO dan kontrol diri terhadap perilaku bermain game online siswa SMP. ... -
Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Produk, dan Pembelian Impulsif pada Festival Belanja Online terhadap Kerentanan Konsumen Pengguna Paylater
(2022)Perkembangan metode pembayaran paylater dan maraknya festival belanja online menimbulkan peluang terjadinya kerentanan konsumen dan perilaku pembelian impulsif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ... -
Pengaruh Paternal Self-Efficacy dan Dukungan Ibu terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan pada Pekerja Migran Sirkuler
(2022)Peran ayah dalam pengasuhan anak sangat menentukan perkembangan anak. Bagi ayah pekerja migran sirkuler yang tinggal jauh dari keluarga karena bekerja di luar daerah akan lebih sulit untuk menjalankan peran pengasuhan. ... -
Pengaruh Dukungan Sosial dan Komunikasi Remaja-Orang Tua terhadap Kesejahteraan Subjektif Remaja pada Keluarga Pekerja Migran Indonesia
(2022)Kesejahteraan subjektif adalah persepsi seseorang mengenai kebahagiaan dan kepuasan terhadap pengalaman hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik remaja, karakteristik keluarga, pengaruh dukungan ... -
Pengaruh Praktik Disiplin Keluarga dan Sekolah, serta Konsep Diri terhadap Karakter Disiplin SMP
(2022-08-01)Praktik disiplin ditanamkan melalui kegiatan rutin dengan membangun kebiasaan remaja, mendidik berperilaku baik, dan menghormati orang lain. Karakter disiplin dipengaruhi baik praktik di dalam keluarga maupun di ... -
Penggunaan Internet Bermasalah pada Remaja: Peran Kelekatan Remaja-Orang tua, Harga Diri, dan Kontrol Diri
(2022-07)Teknologi berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0. Internet memberikan banyak manfaat, tetapi penggunaan yang kurang tepat dapat menyebabkan penggunaan internet bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Analisis Gender terhadap Perilaku Koping, Gaya Hidup Online, dan Kebahagiaan Generasi Milenial di Masa Pandemi Covid-19
(2022-07-28)Perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 dihadapi oleh seluruh masyarakat, tidak terkecuali generasi milenial. Penelitian ini disusun bertujuan untuk menganalisis perilaku koping, gaya hidup online, dan kebahagiaan ... -
Analisis Isi Iklan Pangan Klaim Organik pada Media YouTube
(2022-07-26)Iklan pangan dengan klaim organik harus dapat dibuktikan dengan bagaimana proses produk tersebut dibuat, bahan yang digunakan, dan sertifikasi organik yang legal. Memberikan informasi yang benar adalah salah satu bentuk ... -
Analisis Isi Konten Pemasaran Sosial Pada Pengguna Tagar #Daurulang Di Sosial Media Instagram
(2022-07-26)Pemasaran sosial dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku yang terkait dengan gerakan berorientasi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pesan konten pada pengguna ... -
Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Lokal Merek A pada Generasi Z
(2022)Meningkatnya tren berbelanja online perlu diiringi dengan perilaku konsumen yang cerdas saat membeli barang dan jasa dengan mempertimbangkan beberapa hal, dari segi kebutuhan, keinginan, dan yang dapat memberikan kepuasan. ... -
Pengaruh Persepsi Program Loyalitas dan Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Tingkat Loyalitas Konsumen Transportasi Online
(2022-07-07)Perkembangan teknologi bisnis taksi saat ini telah berinovasi dengan menggunakan aplikasi online. Persaingan dalam bisnis di bidang layanan transportasi turut meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. ... -
Pengaruh Usia Menikah, Tekanan Ekonomi, dan Gaya Pengasuhan Ibu terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini
(2022-07-18)Fenomena usia menikah di bawah umur masih marak terjadi di Indonesia, terutama di masa pandemi. Ketidaksiapan individu dalam menikah dapat memberikan dampak seperti tekanan ekonomi keluarga dan gaya pengasuhan pada ... -
Kesiapan Menikah, Penyesuaian Pernikahan, dan Kualitas Perkawinan Pasangan Baru Menikah di Masa Pandemi Covid-19
(2022)Covid-19 memberikan tantangan baru bagi pasangan yang menikah terkait dengan kesiapan dan penyesuaian pernikahan yang dilakukan. Kesiapan menikah dan penyesuaian pernikahan dibutuhkan untuk mencapai kualitas perkawinan ... -
Perilaku Konsumsi Hijau Konsumen Muda Indonesia: Peran Pengetahuan, Tanggung Jawab, dan Sikap terhadap Lingkungan
(2022)Konsumsi merupakan salah satu penyebab masalah lingkungan yang harus segera diatasi. Konsumen sebagai pelaku utama kegiatan konsumsi memiliki tanggung jawab utama dalam aksi penyelamatan lingkungan. Tujuan penelitian ini ... -
Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kosmetik Lokal Merek A pada Generasi Z
(2022)Peningkatan permintaan produk kosmetik pada masa pandemi Covid-19 mendorong perusahaan agar dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen sehingga konsumen tetap loyal terhadap satu merek produk, termasuk merek ... -
Analisis Tingkat Kepuasan dan Net Benefit Mahasiswa Program S1 IPB terhadap Penggunaan Aplikasi IPB Mobile for Student
(2022)IPB University melakukan penerapan sistem informasi manajemen berbasis mobile melalui aplikasi IPB Mobile for Student untuk mendekatkan inovasi teknologi serta mewujudkan transformasi menjadi digital campus. Penelitian ... -
Keberdayaan konsumen penyandang disabilitas: Peran self esteem, aksesibilitas, dan akses informasi.
(2022)Keberdayaan konsumen merupakan kondisi subjektif konsumen untuk mencari informasi, mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen, dan berani untuk menyampaikan keluhan jika merasa tidak puas saat menggunakan suatu ... -
Pengaruh Pengetahuan dan Word of Mouth terhadap Sikap dan Minat Beli Produk Ramah Lingkungan
(2022)Sikap dan minat beli produk ramah lingkungan merupakan salah satu implementasi dari masyarakat yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Informasi mengenai lingkungan dan word of mouth telah tersebar luas serta mudah ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Etnosentrisme dan Perilaku Pembelian Produk Korea Selatan di Indonesia
(2022)Fenomena Korean Wave memberikan dampak pada etnosentrisme dan perilaku pembelian konsumen Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi etnosentrisme dan perilaku pembelian ... -
Pengaruh Literasi Keuangan dan Sosialisasi Orang Tua Terhadap Perencanaan Keuangan Hari Tua pada Generasi Milenial
(2022-06-13)Generasi milenial di Indonesia pada tahun 2022 merupakan individu dengan usia produktif dan aktif bekerja. Banyak hal yang perlu disiapkan oleh para pekerja termasuk untuk kesejahteraan hari tua. Tujuan penelitian ini ...