UT - Syariah Economic
Browse by
Recent Submissions
-
Analisis Efisiensi Pengelolaan Dana Zakat Oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
(2024)BAZNAS adalah lembaga yang berwenang untuk mengelola dana zakat sebagai pengentas kemiskinan. Perolehan dana zakat terus bertumbuh seiring tahun, tetapi tidak diiringi dengan penurunan tingkat kemiskinan yang signifikan. ... -
Strategi Pengembangan Produktifitas Aset Wakaf di Pesantren Pertanian Darul Fallah Bogor
(2024)Pesantren Pertanian Darul Fallah memiliki lahan wakaf yang luas, namun sebagian masih belum produktif, meskipun aset wakaf seharusnya dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Preferensi Muzaki dalam Memilih Tempat Penyaluran Zakat Mal di Bogor.
(2024)Zakat merupakan ibadah yang memiliki dampak langsung terhadap pengembangan sosial ekonomi masyarakat. Kota dan Kabupaten Bogor memiliki potensi zakat mencapai Rp 120 miliar per tahun, namun zakat yang terhimpun per tahun ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Pelaku UMK terhadap Pinjaman Rentenir di Desa Lingkar Kampus IPB University
(2024)Permodalan masih menjadi masalah besar bagi pelaku UMK di desa lingkar kampus IPB University. Kondisi tersebut ditambah akses perbankan yang rendah sehingga berdampak tingginya minat pelaku UMK untuk meminjam pada rentenir. ... -
Determinan Keputusan Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) secara Online Melalui Mobile Banking Syariah: Modifikasi UTAUT 2
(2024)Proses penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) secara online dapat dilakukan melalui fitur dalam mobile banking syariah, dengan memanfaatkan peningkatan pengguna internet setiap tahun untuk mengoptimalkan potensi ... -
Determinan Risiko Insolvensi Perbankan Syariah dan Konvensional di Indonesia
(2024)Risiko insolvensi memiliki peran penting dalam perkembangan dan keberlanjutan industri perbankan. Penurunan kinerja keuangan akibat pandemi Covid-19 mengindikasikan bank rentan terhadap risiko insolvensi. Tujuan penelitian ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepengurusan Sertifikat Halal oleh Pengusaha Katering Pernikahan Jawa Barat
(2024)Kebutuhan konsumsi dalam resepsi membuat bisnis katering berpotensi menguntungkan, terkhusus jenis katering pesta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan faktor-faktor yang memengaruhi pengusaha ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Jakarta Barat Untuk Menyimpan Dana di Giro Syariah
(2024)Pertumbuhan giro masih tertinggal jauh dibandingkan dengan tabungan dan deposito. Jakarta Barat sebagai wilayah dengan perolehan aset bank syariah tertinggi masih menunjukkan pertumbuhan DPK yang rendah, terutama pada giro ... -
STRATEGI PENGEMBANGAN HALAL TOURISM DI INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
(2024)Sektor pariwisata merupakan salah satu yang menjadi penopang perekonomian Indonesia dan juga menjadi penyumbang devisa terbesar. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2023 kunjungan wisatawan mancanegara naik ... -
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Farmasi Terindeks Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19
(2024)Pandemi Covid-19 telah menjadi ancaman kesehatan bagi manusia di seluruh penjuru dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, sektor farmasi menjadi salah satu kunci. Kondisi ini terlihat sebagai peluang bagi investor untuk meraih ... -
Pengaruh Demografi Terhadap Kepemilikan Produk Perbankan Syariah: Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Area Thamrin (2023)
(2024)Produk yang dimiliki nasabah merupakan indikator yang mencerminkan loyalitas nasabah dan meningkatkan portofolio Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demografi (jenis kelamin, ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bogor
(2024)Perkembangan perbankan syariah di Indonesia saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam lima tahun terakhir. Bank Syariah Indonesia menjadi top brand image nomor satu dalam kategori Tabungan syariah menurut ... -
Analisis Niat Generasi Milenial dan Zilenial Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi Reksa Dana Syariah dengan Pendekatan UTAUT 2
(2024)Di era digital ini, banyak aplikasi dan situs web investasi online yang menawarkan layanan reksa dana. Investor reksa dana terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan signifikan terjadi pada Tahun 2020 ke ... -
Blue Ocean Strategy Bisnis Travel Haji dan Umrah Sutra Tour Hidayah Kebumen
(2024)Perusahaan perjalanan haji dan umrah dihadapkan pada tantangan dalam mempertahankan kualitas layanan untuk menarik lebih banyak jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif strategi berdasarkan ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Siswa SMA Kabupaten Bogor Memilih Jurusan Ekonomi Syariah
(2024)Ekonomi syariah telah berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak didukung dengan sumber daya manusia ekonomi syariah yang yang memenuhi secara kuantitas dan kualitas. ... -
Pengaruh Makroekonomi dan Demografi Penduduk terhadap Permintaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia
(2024)Porsi terbesar dari aset asuransi syariah berasal dari aset asuransi jiwa syariah. Kondisi perekonomian dan demografi memengaruhi permintaan asuransi jiwa syariah. Penelitian ini bertujuan menganalisis perkembangan asuransi ... -
Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Besaran Pembiayaan Mudharabah Pada BPRS di Indonesia
(2024)Pembiayaan BPRS di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, namun hal itu tidak selalu diikuti oleh jumlah pembiayaan mudharabah yang cenderung mengalami penurunan dan masih memiliki porsi yang rendah. Penelitian ... -
Analisis Efisiensi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Syariah dan Konvensional di Indonesia Periode 2018-2023
(2024)DPLK adalah lembaga keuangan yang memberikan pelayanan kepada peserta dalam pengelolaan dana pensiun dan investasi. DPLK memiliki pertumbuhan aset yang baik, namun tidak diiringi dengan ROI yang meningkat. Jumlah kepesertaan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Rumah Tangga Muslim dalam Pembelian Frozen Food Berlabel Halal.
(2024)Selama pandemi, 64% masyarakat Indonesia lebih memilih membeli produk UMKM melalui e-commerce dan produk yang paling banyak dibeli hingga 55% adalah makanan, terutama frozen food. Permintaan makanan beku pada tahun 2020 ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Halal oleh Generasi Milenial di Jabodetabek
(2024)Penjualan produk kosmetik mengalami peningkatan sebesar 14,3% pada tahun 2022 dan Indonesia menempati peringkat kedua untuk kategori kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ...