UT - Syariah Economic
Browse by
Recent Submissions
-
Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Rumah Tangga Muslim dalam Pembelian Frozen Food Berlabel Halal.
(2024)Selama pandemi, 64% masyarakat Indonesia lebih memilih membeli produk UMKM melalui e-commerce dan produk yang paling banyak dibeli hingga 55% adalah makanan, terutama frozen food. Permintaan makanan beku pada tahun 2020 ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Halal oleh Generasi Milenial di Jabodetabek
(2024)Penjualan produk kosmetik mengalami peningkatan sebesar 14,3% pada tahun 2022 dan Indonesia menempati peringkat kedua untuk kategori kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumsi Muslim pada Restoran Berlabel No Pork, No Lard, Non-Alcohol
(2024)Restoran dengan label no pork, no lard, non-alcohol sering dianggap dapat dikonsumsi oleh masyarakat muslim meskipun faktanya restoran tersebut belum bersertifikat halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor ... -
Strategi Pengembangan Wisata Ramah Muslim di Indonesia.
(2024)Pariwisata ramah muslim telah menjadi tren dalam industri wisata yang bertumbuh dengan cepat, tidak hanya di negara dengan mayoritas populasi muslim, namun juga di negara dengan mayoritas non-muslim. Penelitian dilakukan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Pembiayaan Perbankan Syariah Pada Sektor Pertanian Selama Pandemi Covid-19
(2024)Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat strategis dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Sektor pertanian merupakan salah satu sektor dengan kontribusi positif terhadap PDB selama Pandemi Covid-19. Namun, proporsi ... -
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Profitabilitas BPRS di Sumatera Barat
(2024)Salah satu indikator kinerja keuangan adalah profitabilitas. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) memiliki potensi besar di Sumatera Barat dalam menyalurkan pembiayaan karena memiliki penduduk mayoritas muslim serta jumlah ... -
Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat dalam Membayar Zakat Profesi di Kota Cirebon
(2024)Zakat profesi merupakan salah satu instrumen redistribusi pendapatan yang dapat meminimalkan kesenjangan ekonomi di masyarakat. Kota Cirebon memiliki potensi zakat profesi yang cukup besar, tetapi realisasinya hanya sebesar ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Muda terhadap Wakaf Uang di Kabupaten Bogor
(2024)Wakaf uang adalah wakaf berupa uang dalam bentuk rupiah yang dikelola secara produktif dan hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf alaih. Namun, di Indonesia masih terdapat kesenjangan antara potensi wakaf uang dengan penghimpunan ... -
Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumtif Muslimah Generasi Z terhadap Modest Fashion
(2024)Modest fashion merupakan salah satu sektor industri halal yang terus berkembang pesat, khususnya di Indonesia karena memiliki penduduk mayoritas muslim. Tren modest fashion yang cepat berganti saat ini mendorong perempuan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim menggunakan Produk Bank Syariah di Kota Tasikmalaya
(2024-03-21)Jumlah penduduk Muslim yang tinggi tidak menjadikan faktor pendorong perkembangan bank syariah di Kota Tasikmalaya. Kinerja bank syariah harus mampu bersaing dengan cara meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembukaan Tabungan Haji pada Generasi Z di DKI Jakarta
(2024-03-21)Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim menjadi negara dengan kuota haji terbesar, tetapi saat ini masa tunggunya mencapai puluhan tahun sehingga perlu persiapan sejak dini terutama bagi generasi Z, salah satunya melalui ... -
Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Mie Instan Korea Berlabel Halal melalui E-commerce pada Generasi Milenial Jabodetabek
(2024)Salah satu produk makanan Korea yang berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia adalah mie instan Korea yang dapat dibeli secara online maupun offline. Namun, sampai saat ini tidak semua mie instan Korea yang beredar ... -
Strategi Pengembangan Pembiayaan KPR Syariah Bagi Generasi Milenial di Indonesia: Pendekatan ANP-SWOT
(2023)Pembiayaan KPR syariah merupakan fasilitas pembiayaan yang diberikan bank syariah kepada nasabah dalam rangka kepemilikan rumah menggunakan akad berdasarkan prinsip syariah. Salah satu target pasar pembiayaan KPR syariah ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Intensi Masyarakat dalam Berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk Ritel (CWLS Ritel)
(2024)BWI, BI, Kemenkeu, dan Kemenag mengintegrasikan sukuk dengan wakaf uang yang disebut CWLS. Potensi CWLS didukung oleh potensi wakaf uang sebesar 180 triliun rupiah per tahun, jumlah penduduk Muslim Indonesia yang besar ... -
Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus: Generasi Z Muslim di Jawa Barat)
(2023)Literasi keuangan syariah diduga memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat literasi keuangan syariah serta menganalisis pengaruh faktor tersebut ... -
Pengaruh Label Halal, Produk, Harga, Tempat dan Promosi pada Keputusan Pembelian Online Food Delivery Kopi Kenangan di Jabodetabek
(2023)Indonesia mengalami peningkatan produksi dan konsumsi kopi setiap tahunnya, mengakibatkan banyak munculnya kedai kopi atau coffee shop di Indonesia, terkhusus di Jabodetabek ketika persaingan meningkat sehingga ada online ... -
Analisis Determinan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah di Negara-negara OKI
(2023)Pengembangan potensi perbankan syariah di kawasan OKI harus diimbangi dengan kinerja perbankan syariah yang baik agar dapat bersaing di pasar perbankan global serta mengantisipasi risiko dari faktor internal maupun faktor ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Wisatawan dalam Memilih Jasa Hotel Syariah Di Kota Malang.
(2023)Indonesia memiliki keunggulan di sektor pariwisata, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia pada tahun 2020 - 2022. Peningkatan tersebut harus diimbangi peningkatan sarana dan prasarana ... -
Determinan Nilai Perusahaan Sektor Jasa Keuangan Syariah yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2022
(2023-12-21)Aset keuangan syariah Indonesia mampu berkembang sangat pesat, dengan proporsi aset didominasi oleh sektor pasar modal syariah yakni pada produk saham syariah. Pasar kapitalisasi terbesar BEI adalah emiten saham sektor ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat Jabodetabek dalam Berdonasi Online melalui Platform Digital
(2023)Perkembangan teknologi digital mendorong kegiatan donasi online secara efektif. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam berdonasi online dengan menggunakan platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifika ...