UT - Faculty of Economics and Management
Browse by
Community in this collection
-
UT - Agribusiness [4770]
-
UT - Management [3624]
-
UT - Syariah Economic [560]
Recent Submissions
-
Perbandingan Volatilitas Harga Beras Berdasarkan Kualitas di Pasar Tradisional DKI Jakarta
(2025)Beras merupakan kebutuhan dasar yang harganya sering bergejolak seperti yang terjadi di DKI Jakarta. Saat ini beras di Indonesia dipasarkan dalam berbagai macam kualitas yang memiliki dinamika harga yang berbeda. Permasalahan ... -
Pengaruh Green Entrepreneurial Orientation dan Knowledge Acquisition terhadap Kinerja Rantai Nilai Kopi Arabika di Bandung
(2025)Perkembangan industri kopi arabika di Bandung mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi green entrepreneurial orientation (GEO) untuk mencapai keberlanjutan rantai nilai yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Volume Perdagangan Sukuk Ritel SR-015 di Indonesia
(2025)Sukuk Ritel SR-015 yang diterbitkan tahun 2021 merupakan sukuk dengan jumlah investor terbanyak setelah SR-017 yaitu sebanyak 49.027 dan memiliki jumlah penerbitan terbesar setelah SR-008 yaitu sebesar 27 triliun. Di ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Sertifikasi Halal pada Pemilik UMK Nonmuslim di DKI Jakarta
(2025)UU No. 33 Tahun 2014 mewajibkan seluruh usaha makanan dan minuman untuk melakukan sertifikasi halal, termasuk usaha yang dimiliki oleh nonmuslim. Sertifikasi halal dianggap tidak berpengaruh terhadap komunitas ... -
Studi Nilai Ekonomi Karbon dan Kelayakan Program Reklamasi Progresif pada Areal Pertambangan (Studi Kasus PT XYZ)
(2025)Pertambangan merupakan sektor pendukung pembangunan nasional, tetapi aktivitasnya menyebabkan kerusakan lingkungan. Reklamasi progresif sebagai bagian dari green mining menjadi solusi mengurangi dampak dengan mempercepat ... -
Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Peternakan Sapi Perah Rakyat di Provinsi Jawa Timur dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya
(2025)Peternakan sapi perah berperan penting dalam perekonomian dan pemenuhan gizi masyarakat. Di Indonesia, usaha peternakan sapi perah tersebut didominasi oleh peternakan sapi perah rakyat yang umumnya masih dikelola secara ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Petani dalam Mengelola Stok Panen pada Rumah Tangga Petani Padi Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur
(2025)Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku petani dalam mengelola stok panen rumah tangga, stok konsumsi rumah tangga, serta kegiatan tunda jual di Kecamatan Cibeber. Pengelolaan stok ... -
Optimasi Program Digital Ads Produk Kosmetik pada Toko Mitra di E-commerce
(2025)Pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia yang semakin bergeser ke kanal digital menuntut efektivitas strategi iklan dalam meningkatkan penjualan di e-commerce. PT XYZ menghadapi ketimpangan performa iklan di antara ... -
Pengaruh Media Multichannel Marketing terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Sektor Agribisnis
(2025)Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor agribisnis menguasai 54% pangsa pasar di e-commerce, namun belum banyak usaha yang mengimplementasikan strategi multichannel marketing untuk meningkatkan pendapatan usaha. ... -
Pengaruh Penggunaan QRIS, Pembiayaan Usaha dan Faktor Lain Terhadap Omzet UMK Nasabah BPRS Botani
(2025)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan QRIS, jumlah pembiayaan, lama usaha, konsistensi berjualan, dan lama pendidikan terhadap omzet UMK di BPRS. Metode penelitian menggunakan pendekatan ... -
Pengaruh Kolaborasi Merek dan Slogan terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Lokal di Jabodetabek
(2025)Industri sepatu cukup berkembang pesat di Indonesia dengan banyaknya merek sepatu yang menjadi pilihan konsumen, baik dari lokal atau luar negeri. Strategi yang dilakukan Aerostreet adalah kolaborasi merek dan slogan. ... -
Analisis Potensi Reduksi Gas Rumah Kaca dan Analisis Nilai Usaha Proyek Refuse Derived Fuel di TPST Belahanrejo
(2025)Perubahan iklim akibat pemanasan global merupakan salah satu isu di berbagai belahan dunia. Salah satu penyebab hal tersebut, yaitu emisi gas rumah kaca (GRK) yang terus meningkat. Sektor sampah menjadi salah satu sektor ... -
Pengaruh Sertifikasi Halal dan Label Cruelty-Free terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Lokal
(2025)Industri kosmetik lokal di Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kualitas, etika, dan keberlanjutan, sehingga menuntut produsen menyesuaikan strategi pemasaran dengan preferensi konsumen ... -
Consideration Of Future Consequences Dan Faktor-Faktor Lain Yang Memengaruhi Keputusan Menggunakan Paylater Non-Syariah
(2025)Penggunaan layanan paylater di Indonesia terus meningkat dan didominasi skema non-syariah. Jawa Barat sebagai provinsi mayoritas Muslim menunjukkan penggunaan paylater tinggi, khususnya di daerah padat penduduk seperti ... -
Analisis Mikro Determinan Informalitas Periode Pemulihan Pasca Covid-19 di Jawa Barat: Komparasi Generasi Milenial dan Generasi Z
(2025)Tingginya proporsi pekerja informal di Jawa Barat selama masa pemulihan pasca Covid-19 menunjukkan ketidakseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja formal. Dalam situasi ini, individu yang berada ... -
Analisis Kelayakan Usaha Pengelolaan Minyak Jelantah (Studi Kasus: PT Bumen Bio Jelindo, Bekasi Timur)
(2025)Peningkatan konsumsi minyak goreng di Indonesia berimplikasi pada limbah minyak jelantah dalam jumlah besar. Pengelolaan minyak jelantah menjadi solusi penting untuk mengurangi dampak lingkungan, salah satunya melalui unit ... -
Strategi Pemasaran Produk Akaru Healing Oil Pada CV Malaika Lama Kini Jaya di Lombok
(2025)CV Malaika Lama Kini Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi Akaru Healing Oil berbahan herbal dan organik. Saat ini, perusahaan menghadapi penjualan B2C yang fluktuatif karena strategi pemasaran belum optimal. Oleh ... -
Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Organization Commitment sebagai Mediasi
(2025)Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan tambang yang harus memberhentikan kegiatan operasional pada salah satu anak perusahaan. Pemberhentian kegiatan operasional ini mengakibatkan meningkatnya beban kerja pada ... -
Dampak Gerakan BDS dan Aktivisme Digital terhadap Pergeseran Loyalitas Merek F&B Generasi Z dan Milenial
(2025)Maraknya konsumerisme politis yang diperkuat oleh platform digital, yang menghadirkan tantangan signifikan bagi manajemen merek global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari gerakan boycott, divestment, ... -
Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia
(2025)Perkebunan kelapa sawit memiliki kontribusi penting dalam perekonomian Indonesia melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan devisa negara. Namun, industri ini juga menghadapi berbagai isu ekonomi, lingkungan, dan ...
