UT - Syariah Economic: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 556
-
Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Mikro Mitra Tani di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Ciampea
(2025)Pembiayaan syariah berperan penting dalam mendorong pertumbuhan sektor pertanian, salah satunya melalui Kopsyah BMI dengan produk Mikro Mitra Tani (MMT) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan modal petani. Tujuan penelitian ... -
DAMPAK PENERAPAN TRACEABILITY BERBASIS BLOCKCHAIN PADA PRODUK PANGAN HALAL INDONESIA: ANALISIS SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
(2025)Meningkatnya permintaan terhadap produk halal di Indonesia dan secara global menuntut adanya sistem jaminan kehalalan yang lebih transparan, akurat, dan terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi ... -
Dinamika Volume Transaksi Pasar Uang Antarbank Syariah dan Konvensional di Indonesia: Analisis Determinan dan Strategi Pengembangan
(2025)Pasar Uang Antarbank Syariah (PUAS) mengalami pertumbuhan signifikan setelah tahun 2021. Meskipun demikian, pertumbuhannya masih belum optimal jika dibandingkan dengan Pasar Uang Antarbank Konvensional (PUAB). Penelitian ... -
Strategi Penerapan Prinsip 8C+S dalam Meminimalisir Adverse Selection pada Pembiayaan Produktif Bank Syariah XYZ
(2025)Bank Syariah XYZ adalah salah satu bank yang berfokus pada pembiayaan produktif untuk sektor usaha mikro dan komersial. Meskipun sudah menerapkan prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral, condition) pada analisis ... -
Analisis Pengaruh Halal Awareness dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan di Jabodetabek
(2025)Salah satu makanan pedas kekinian yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Mie Gacoan. Mie Gacoaon telah memperoleh sertifikat halal manufacturing pada November 2022 dan baru memiliki sertifikat halal ... -
Analisis Pengaruh Halal Awareness dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan di Jabodetabek
(2025)Salah satu makanan pedas kekinian yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Mie Gacoan. Mie Gacoaon telah memperoleh sertifikat halal manufacturing pada November 2022 dan baru memiliki sertifikat halal ... -
Determinan Pertumbuhan Aset pada Perusahaan dan Unit Usaha Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia
(2025)Rata-rata pertumbuhan aset asuransi jiwa syariah 2018-2023 sebesar 2,82%, jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata pertumbuhan aset asuransi jiwa konvensional sebesar 14,62%. Rendahnya pertumbuhan aset pada perusahaan ... -
Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Proporsi Pembiayaan Sektor UMKM Pada Unit Usaha Syariah di Indonesia
(2025)UMKM berperan strategis dalam perekonomian nasional dan menjadi pasar potensial bagi pembiayaan perbankan syariah, termasuk Unit Usaha Syariah (UUS). Namun, proporsi pembiayaan UUS ke sektor ini masih rendah dan belum ... -
Analisis Determinan Sisa Hasil Usaha Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Tahun 2020-2024
(2025)Sisa hasil usaha (SHU) merupakan keuntungan bersih koperasi dalam satu tahun buku yang menjadi salah satu indikator keberhasilan koperasi karena peningkatan SHU menunjukkan bahwa kinerja bisnis koperasi mengalami ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan DPK Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2019-2023
(2025)Dana Pihak Ketiga (DPK) merupakan sumber utama pendanaan bank syariah yang sangat berperan dalam keberlanjutan operasional. Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor internal (jumlah kantor, rasio CAMEL, dan Islamic ... -
Strategi Pengembangan Cash Waqf Linked Blue Sukuk (CWLBS) Untuk Pemberdayaan Nelayan Sebagai Mauquf ‘alaih
(2025)Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara penerbit sukuk terbanyak di dunia. Sukuk berpotensi meningkatkan pembangunan berkelanjutan, baik dalam sektor daratan maupun sektor kelautan. Indonesia memiliki potensi ... -
Pengaruh Belief in Afterlife terhadap Donation Behavior Dewasa Madya Muslim
(2025)Kematian adalah kepastian yang tidak dapat diprediksi dan seringkali menimbulkan kecemasan kematian (death anxiety) pada dewasa madya. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat kecemasan ini adalah keyakinan terhadap ... -
Strategi Pengembangan Unit Usaha Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung
(2025)Pendirian unit usaha pesantren dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi pesantren. Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta merumuskankan strategi dalam ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat PenggunaanQRIS dalam Berinfak di Masjid Al-Hurriyyah IPB University.
(2025)Pesatnya penetrasi pengguna internet mendorong perkembangan pembayaran digital yang membuka peluang dalam penyaluran infak melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Masjid Al-Hurriyyah merupakan salah satu ... -
Analisis Faktor faktor yang Memengaruhi Risk Based Capital Asuransi Syariah di Indonesia (Periode 2019–2023)
(2025)Pada periode 2019–2023, lima perusahaan asuransi syariah mengalami penghentian operasional. Salah satu di antaranya disebabkan oleh masalah insolvency yang memiliki hubungan dengan solvabilitas pada perusahaan asuransi ... -
Analisis Faktor yang Memengaruhi Genrasi Z dalam Keputusan Pembelian Restoran Makanan Jepang Berlabel Halal
(2025)Indonesia memiliki potensi sektor industri halal terutama pada sektor makanan dan minuman halal. Dengan adanya globalisasi, Indonesia juga perlu menyesuaikan hal-hal yang berasal dari luar negeri agar tetap sesuai ... -
Analisis Faktor–Faktor yang Memengaruhi Surplus Underwriting Asuransi Umum Syariah di Indonesia Tahun 2020 – 2023
(2025)Surplus underwriting merupakan salah satu indikator kinerja utama dalam asuransi syariah, yang mencerminkan efisiensi pengelolaan risiko dan kemampuan dalam menjaga keseimbangan antara kontribusi peserta dan klaim. Asuransi ... -
Analisis Pengaruh Halal Awareness dan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ayam Potong di Kota Bogor
(2025)Kesadaran akan kehalalan produk menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi keputusan pembelian dalam memilih suatu produk karena tidak semua produk yang dipasarkan terjamin kehalalannya. Halal awareness merujuk ... -
Potensi Rantai Pasok Makanan Halal Berbasis Teknologi Blockchain: A Systematic Literature Review
(2024)Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar untuk mendominasi pasar halal global. Akan tetapi, Indonesia belum mampu melakukan pemenuhan supply makanan halal. Optimalisasi ... -
Strategi Digital marketing untuk Meningkatkan Partisipasi Muzaki Pada Badan Amil Zakat Nasional
(2024)Pada tahun 2023, BAZNAS telah menghimpun dan mengelola dana zakat sebesar 881,5 miliar rupiah. Dana yang dikelola telah mencapai 10 persen dari total potensinya. Bagi lembaga pengelola zakat, penggunaan digital marketing ...
