UT - Syariah Economic: Recent submissions
Now showing items 41-60 of 452
-
STRATEGI PENGEMBANGAN HALAL TOURISM DI INDONESIA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
(2024)Sektor pariwisata merupakan salah satu yang menjadi penopang perekonomian Indonesia dan juga menjadi penyumbang devisa terbesar. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2023 kunjungan wisatawan mancanegara naik ... -
Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Farmasi Terindeks Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19
(2024)Pandemi Covid-19 telah menjadi ancaman kesehatan bagi manusia di seluruh penjuru dunia. Untuk mengatasi hal tersebut, sektor farmasi menjadi salah satu kunci. Kondisi ini terlihat sebagai peluang bagi investor untuk meraih ... -
Pengaruh Demografi Terhadap Kepemilikan Produk Perbankan Syariah: Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Area Thamrin (2023)
(2024)Produk yang dimiliki nasabah merupakan indikator yang mencerminkan loyalitas nasabah dan meningkatkan portofolio Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demografi (jenis kelamin, ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bogor
(2024)Perkembangan perbankan syariah di Indonesia saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam lima tahun terakhir. Bank Syariah Indonesia menjadi top brand image nomor satu dalam kategori Tabungan syariah menurut ... -
Analisis Niat Generasi Milenial dan Zilenial Menggunakan Aplikasi Bibit untuk Investasi Reksa Dana Syariah dengan Pendekatan UTAUT 2
(2024)Di era digital ini, banyak aplikasi dan situs web investasi online yang menawarkan layanan reksa dana. Investor reksa dana terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan signifikan terjadi pada Tahun 2020 ke ... -
Blue Ocean Strategy Bisnis Travel Haji dan Umrah Sutra Tour Hidayah Kebumen
(2024)Perusahaan perjalanan haji dan umrah dihadapkan pada tantangan dalam mempertahankan kualitas layanan untuk menarik lebih banyak jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif strategi berdasarkan ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Siswa SMA Kabupaten Bogor Memilih Jurusan Ekonomi Syariah
(2024)Ekonomi syariah telah berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak didukung dengan sumber daya manusia ekonomi syariah yang yang memenuhi secara kuantitas dan kualitas. ... -
Pengaruh Makroekonomi dan Demografi Penduduk terhadap Permintaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia
(2024)Porsi terbesar dari aset asuransi syariah berasal dari aset asuransi jiwa syariah. Kondisi perekonomian dan demografi memengaruhi permintaan asuransi jiwa syariah. Penelitian ini bertujuan menganalisis perkembangan asuransi ... -
Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Besaran Pembiayaan Mudharabah Pada BPRS di Indonesia
(2024)Pembiayaan BPRS di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, namun hal itu tidak selalu diikuti oleh jumlah pembiayaan mudharabah yang cenderung mengalami penurunan dan masih memiliki porsi yang rendah. Penelitian ... -
Analisis Efisiensi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Syariah dan Konvensional di Indonesia Periode 2018-2023
(2024)DPLK adalah lembaga keuangan yang memberikan pelayanan kepada peserta dalam pengelolaan dana pensiun dan investasi. DPLK memiliki pertumbuhan aset yang baik, namun tidak diiringi dengan ROI yang meningkat. Jumlah kepesertaan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Rumah Tangga Muslim dalam Pembelian Frozen Food Berlabel Halal.
(2024)Selama pandemi, 64% masyarakat Indonesia lebih memilih membeli produk UMKM melalui e-commerce dan produk yang paling banyak dibeli hingga 55% adalah makanan, terutama frozen food. Permintaan makanan beku pada tahun 2020 ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Halal oleh Generasi Milenial di Jabodetabek
(2024)Penjualan produk kosmetik mengalami peningkatan sebesar 14,3% pada tahun 2022 dan Indonesia menempati peringkat kedua untuk kategori kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumsi Muslim pada Restoran Berlabel No Pork, No Lard, Non-Alcohol
(2024)Restoran dengan label no pork, no lard, non-alcohol sering dianggap dapat dikonsumsi oleh masyarakat muslim meskipun faktanya restoran tersebut belum bersertifikat halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor ... -
Strategi Pengembangan Wisata Ramah Muslim di Indonesia.
(2024)Pariwisata ramah muslim telah menjadi tren dalam industri wisata yang bertumbuh dengan cepat, tidak hanya di negara dengan mayoritas populasi muslim, namun juga di negara dengan mayoritas non-muslim. Penelitian dilakukan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Pembiayaan Perbankan Syariah Pada Sektor Pertanian Selama Pandemi Covid-19
(2024)Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat strategis dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Sektor pertanian merupakan salah satu sektor dengan kontribusi positif terhadap PDB selama Pandemi Covid-19. Namun, proporsi ... -
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Profitabilitas BPRS di Sumatera Barat
(2024)Salah satu indikator kinerja keuangan adalah profitabilitas. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) memiliki potensi besar di Sumatera Barat dalam menyalurkan pembiayaan karena memiliki penduduk mayoritas muslim serta jumlah ... -
Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Masyarakat dalam Membayar Zakat Profesi di Kota Cirebon
(2024)Zakat profesi merupakan salah satu instrumen redistribusi pendapatan yang dapat meminimalkan kesenjangan ekonomi di masyarakat. Kota Cirebon memiliki potensi zakat profesi yang cukup besar, tetapi realisasinya hanya sebesar ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Muda terhadap Wakaf Uang di Kabupaten Bogor
(2024)Wakaf uang adalah wakaf berupa uang dalam bentuk rupiah yang dikelola secara produktif dan hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf alaih. Namun, di Indonesia masih terdapat kesenjangan antara potensi wakaf uang dengan penghimpunan ... -
Faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumtif Muslimah Generasi Z terhadap Modest Fashion
(2024)Modest fashion merupakan salah satu sektor industri halal yang terus berkembang pesat, khususnya di Indonesia karena memiliki penduduk mayoritas muslim. Tren modest fashion yang cepat berganti saat ini mendorong perempuan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim menggunakan Produk Bank Syariah di Kota Tasikmalaya
(2024-03-21)Jumlah penduduk Muslim yang tinggi tidak menjadikan faktor pendorong perkembangan bank syariah di Kota Tasikmalaya. Kinerja bank syariah harus mampu bersaing dengan cara meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan ...