UT - Communication and Community Development
Browse by
Recent Submissions
-
Hubungan Perhatian Media dengan Perilaku Pro-lingkungan Remaja Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior
(2024)Masalah lingkungan hidup, terutama pengelolaan sampah, menjadi perhatian serius di Indonesia. Sebagai kelompok usia yang paling banyak mengakses internet, remaja memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesadaran lingkungan. ... -
Dinamika Kelompok dan Faktor-Faktor untuk Mencapai Keberhasilan Program Bantuan Benih Padi Pertanian (Kasus: Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)
(2024)Dinamika kelompok yang terbentuk dalam kelompok tani dapat memengaruhi sebagian besar aktivitas dalam kelompok tani, salah satunya program bantuan benih padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara ... -
Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dengan Kinerja Posyandu dalam Upaya Penanganan Stunting (Kasus: Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor)
(2024)Posyandu memegang peran penting sebagai garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan kepada bayi dan balita, terutama dalam upaya penanganan stunting. Optimalisasi fungsi dan kerja posyandu dapat dinilai dari tingkat ... -
Karakteristik Berita dan Framing Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng Tahun 2022 pada kompas.com dan radarbogor.id
(2024)Digitalisasi teknologi pada media berita mengakibatkan munculnya keraguan di kalangan jurnalistik. Kecepatan penulisan berita dapat mempengaruhi kualitas dan kredibilitas informasi berita yang disampaikan kepada masyarakat. ... -
Strategi Adaptasi Petani dalam Menghadapi Bencana Kekeringan (Kasus Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung)
(2024)Karakteristik petani padi sawah di Desa Soropadan didominasi oleh petani laki-laki dengan usia lebih dari 45 tahun. Mayoritas responden menempuh pendidikan pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Adapun ... -
Pemanfaatan Aplikasi Digitani sebagai Media Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Pertanian
(2024)Pemanfaatan Information and Communication Technologies for Development (ICT4D) melalui aplikasi Digitani dapat menjadi solusi dalam mempercepat diseminasi inovasi pertanian kepada pengguna. Aplikasi Digitani hadir sebagai ... -
Gaya Kepemimpinan Lokal dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Relokasi: Kasus Pedagang Kaki Lima di Pasar Anyar, Kota Bogor
(2024)Kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan dilema bagi pemerintah. Meskipun menyediakan pekerjaan, kehadirannya juga menimbulkan ketidaknyamanan, terutama di ruang publik. Untuk mengatasinya, pemerintah sering menjadikan ... -
Peran Kelembagaan dan Kondisi Struktur Agraria pada Petani Anggota AMANAT (Kasus pada Blok Pasir Hulukebo di Desa Curug Bitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor)
(2024)Dinamika perjuangan yang panjang telah dilalui oleh gerakan petani AMANAT dan perjuangan hak atas tanah di lokasi eks HGU terlantar di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran ... -
Hubungan Stratifikasi Sosial dengan Faktor Penyebab Stunting pada Anak (Kasus: Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur)
(2024)Stratifikasi sosial yang terbagi menjadi kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah berdasarkan elektrifikasi, pekerjaan, konsumsi, tempat tinggal dan pengeluaran. Faktor pola asuh, konsumsi, tingkat pendidikan, dan ... -
Efektivitas Pesan Dalam Video Edukasi Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri di Sekolah
(2024)Indonesia menghadapi masalah kesehatan yaitu stunting dengan angka prevalensi sebanyak 21,6 persen pada 2022, melebihi standar WHO yaitu 20 persen. Anemia menjadi salah satu penyebab stunting. Untuk mengatasi ini, pemerintah ... -
Analisis Strategi Nafkah Rumah Tangga Petani Gambir Menghadapi Ketidakpastian Harga Gambir Pasca Pandemi COVID-19 (Kasus: Dusun Lokasi 1, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara)
(2024)Gambir adalah komoditas yang diminati di pasar global. Permintaan gambir di pasar internasional meningkat setiap tahun. Produksi gambir mencapai 163.400 ton tahun 2021. Harga gambir sering mengalami fluktuasi, menyebabkan ... -
Hubungan Jaringan Komunikasi dengan Perilaku Sociopreneur pada Perusahaan Sosial
(2024)Sociopreneurship atau perusahaan sosial sering dijadikan usaha dan gerakan dalam menjawab permasalahan sosial. Salah satu tantangan utamanya adalah mempertahankan perilaku sociopreneur di antara karyawan, yang dapat ... -
Strategi Komunikasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Naturalisasi Ciliwung dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengelola Sampah (Kasus: RT 02/RW 02 Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat)
(2024)Permasalahan sampah pada DAS Ciliwung menimbulkan terjadinya pencemaran air sungai, salah satunya di Kota Bogor. Terdapat kesenjangan antara pengetahuan dan tindakan nyata masyarakat dalam mengelola sampah. Meskipun ... -
Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Usaha Kecil Hasil Pertanian (Kasus: Snday Coffee Bogor)
(2024)Kemajuan teknologi digital di Indonesia meningkatkan peran penting media sosial dalam berbagai bidang, termasuk bisnis UMKM. Pelaku UMKM menggunakan platform digital seperti Instagram untuk mendukung pemasaran dan promosi ... -
Kelas Sosial dan Pengaruhnya terhadap Konversi Lahan Karet ke Kelapa Sawit: Kasus Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.
(2024)Studi ini meneliti pengaruh kelas sosial petani terhadap keputusan untuk mengkonversi lahan karet menjadi kelapa sawit dan mengeksplorasi dampak konversi lahan terhadap kelas sosial. Penelitian ini dilakukan di Desa Sungai ... -
Literasi Digital Anggota Kelompok Wanita Tani dan Pemanfaatannya Sebagai Akses Informasi Pertanian
(2024)Berkembangnya teknologi seperti internet dan maraknya minat masyarakat terhadap pertanian memiliki dampak negatif dan dampak positif. Literasi digital berperan penting dalam meningkatkan manfaat kegiatan masyarakat serta ... -
Strategi Penghidupan dan Resiliensi Nafkah Rumah Tangga Petani di Kawasan Rentan Bencana Banjir
(2024)Banjir merupakan salah satu bencana alam yang menjadi permasalahan bagi masyarakat di seluruh dunia, termasuk di negara-negara agraris yang kehidupan sebagian besar masyarakatnya bergantung pada hasil pertanian. Banjir ... -
Strategi Nafkah pada Rumah Tangga Perempuan Pekerja Pabrik di Desa Parakansalak, Jawa Barat
(2024)Pada wilayah pedesaan di Indonesia terdapat sektor non-pertanian yang berperan sama penting dengan sektor pertanian dalam menyusun strategi penghidupan rumah tangga pedesaan. Sektor non-pertanian di Desa Parakansalak menjadi ... -
Efektivitas Komunikasi Pemasaran Model AISAS pada Promosi Brand X Melalui Media Instagram
(2024)Brand X, sebuah merek kosmetik dan perawatan tubuh di Indonesia, telah menerapkan komunikasi pemasaran melalui Instagram. Tujuan penelitaian ini adalah mengkaji efektivitas promosi Brand X di Instagram dengan menggunakan ... -
Efektivitas Website sebagai Media Promosi Agrowisata Star Farm
(2024)The website functions as an engaging digital window, featuring an attractive design, comprehensive information, and interactive features to promote the unique experiences of the agritourism destination. In this context, ...