UT - Digital Communication and Media: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 626
-
Analisis Artificial Intelligence (AI) dalam Pembuatan Berita terhadap Jurnalisme Digital pada Portal tvOne.ai
(2025)Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah membawa perubahan besar dalam dunia jurnalisme digital, khususnya dalam proses produksi berita yang kini semakin terotomatisasi. Portal tvOne.ai menjadi salah satu ... -
Efektifitas Kampanye Digital PLN UP3: Studi Kasus Konten Instagram “Bayar Listrik Tepat Waktu” Di Depok
(2025)Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah mengubah lanskap komunikasi, memberikan peluang bagi organisasi seperti PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Depok ... -
Representasi Dunia Mimpi pada Scene “What If” Film La La Land: Analisis Semiotika
(2025)Penelitian ini membahas representasi dunia mimpi dan realitas dalam montase “What If” film La La Land melalui analisis semiotika konotasi berlanjut Roland Barthes. Fokus penelitian tidak hanya pada warna busana, tetapi ... -
Penulisan Teknik Editing Berbasis AI Menggunakan Aplikasi Capcut pada Promosi Konten Reels Akun Instagram @feelin.jkt
(2025)Perkembangan Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam strategi pemasaran, terutama melalui pemanfaatan konten video pendek seperti Instagram Reels. Platform ini memungkinkan pelaku usaha, khususnya ... -
Implementasi Pembuatan Design Kemasan Berbasis Metode Design Thinking UMKM Juragan Cooking
(2025)Proyek ini mengusulkan perencanaan dan pengembangan sebuah desain kemasan yang ditujukan untuk UMKM dimana pada proyek ini memfokuskan pada desain kemasan yang dilakukan dengan Metode Design Thinking. Desain kemasan merupakan ... -
Strategi Komunikasi Publik Kemnaker RI dalam Kampanye Digital Aplikasi SIAPkerja
(2025)Transformasi digital mendorong pemerintah untuk mengembangkan aplikasi SIAPkerja sebagai solusi akses ketenagakerjaan. Namun, tingkat adopsinya masih rendah akibat kurangnya pemahaman publik. Penelitian ini bertujuan ... -
Implementasi Teknik Continuity Editing dalam Pembuatan Video Promosi Toko Kenanga
(2025)Video promosi memiliki peran strategis dalam mendukung pemasaran visual, terutama pada usaha mikro seperti Toko Kenanga yang bergerak di bidang penjualan seragam sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1995. Latar belakang ... -
Analisis Jaringan Penyebaran Hoaks Sains ‘City Lights di Proxima b’ di X Menggunakan Social Network Analysis
(2025)Penelitian ini dibatasi pada data unggahan publik yang tersedia secara terbuka di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), yang secara khusus memuat diskusi, komentar, atau interaksi yang berkaitan dengan hoaks ... -
Proses Kreatif Dalam Produksi Video Iklan Untuk Branding SangSanguniv Indonesia
(2025)Video iklan berfungsi sebagai alat komunikasi visual untuk mengirim pesan promosi serta membangun identitas terhadap entitas. Penting dalam branding, video ini menjalin ikatan emosional dengan audiens muda melalui narasi ... -
Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Instagram @jakartainternationalvelodrome dalam Meningkatkan Engagement Event Vesta Lebaran
(2025)Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram @jakartainternationalvelodrome dalam meningkatkan engagement event Vesta Lebaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif ... -
Pengaruh Loyalitas Merek J-Hope Terhadap Keputusan Menonton Konser HOPE ON THE STAGE in Jakarta
(2025)Fenomena K-Pop di Indonesia semakin meluas, dengan konser sebagai salah satu bentuk hiburan utama yang mencerminkan loyalitas tinggi dari penggemar. Konser HOPE ON THE STAGE in Jakarta oleh J-Hope BTS menjadi momen strategis ... -
Kreativitas Video Editor dalam Pembuatan Video Iklan Komersial Produk Ronas PT Revass Utama Medika
(2025)Laporan ini membahas tentang peran dan kreativitas video editor dalam proses produksi video iklan komersial untuk produk skincare Ronas dari PT Revass Utama Medika. Tujuan proyek akhir ini adalah menghasilkan video ... -
Proses Kreatif Penyutradaraan dan Penulisan Naskah dalam Produksi Video Iklan yang Efektif untuk Mayarakat oleh PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta
(2025)Proyek tugas akhir ini berupa Iklan Layanan Masyarakat (ILM)mengusung tema PPID (Pejabat Pengelaola Informasi dan Dokumentasi) dengan 13 menit 28 detik dengan judul "Transparansi di Ujung Jari". Video tersebut dibagi menjadi ... -
Representasi Ketenangan Seorang Anak dalam Menjaga Ibunya dalam Iklan “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc”
(2025)Iklan layanan kesehatan sering menggunakan pendekatan emosional untuk menciptakan kedekatan dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi ketenangan dalam iklan Halodoc “Saat Situasi Terjepit, ... -
Representasi Kesetaraan Gender dalam Film Dua Hati Biru
(2025)Kesetaraan gender masih menjadi isu sosial yang signifikan di Indonesia. Meskipun kesadaran publik meningkat, data menunjukkan masih tingginya angka kekerasan terhadap perempuan, ketimpangan partisipasi di sektor publik, ... -
Konten Tiktok Akun Dr. Giovanniabraham (@Dr.Gio) dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare oleh Followers
(2025)Perkembangan teknologi komunikasi dan media sosial telah mengubah cara masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mencari dan memperoleh informasi. TikTok sebagai platform media sosial yang populer, kini banyak digunakan ... -
PENERAPAN TEKNIK VIDEOGRAPHY PROSES PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BP2TL JAKARTA
(2025)Iklan layanan masyarakat (ILM) merupakan salah satu media komunikasi visual yang efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat. Laporan akhir ini membahas penerapan teknik videografi dalam proses produksi ... -
PENERAPAN TEKNIK CONTINUITY EDITING DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TRANSPORTASI LAUT
(2025)MUHAMMAD ILHAM HIDAYAT. Penerapan Teknik Continuity Editing dalam Produksi Iklan Layanan Masyarakat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut. Dibimbing oleh WILLY BACHTIAR, ALFA TAUFAN LATIF. Penelitian ini ... -
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Konten K-Pop untuk Meningkatkan TikTok Engagement PVN Shoes
(2025)Pesatnya perkembangan media sosial mendorong perusahaan untuk memanfaatkan platform digital seperti TikTok guna meningkatkan keterlibatan audiens. PVN Shoes, sebagai merek fashion lokal, memanfaatkan tren global K-Pop dalam ... -
Pemanfaatan Akun Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor sebagai Media Informasi Wisata Kuliner
(2025)Perkembangan teknologi digital dan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia telah mendorong perubahan signifikan dalam perilaku pencarian informasi masyarakat, termasuk dalam bidang pariwisata dan kuliner. Instagram, ...
