Faculty of Economics and Management
Browse by
Recent Submissions
-
Strategi Komunikasi dan Diseminasi Aspek Keberlanjutan Minyak Sawit dan Kebun Sawit di Dunia Internasional
(2024-06)Industri sawit berperan besar dalam pen- gentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan berkontribusi signifikan dalam pencapaian SDGs. Minyak sawit merupakan sumber minyak nabati terpenting dan paling efisien dalam ... -
Strategi Peningkatan Daya Saing Minyak Sawit di Pasar Internasional
(2024-06)Upaya peningkatan daya saing produk sawit Indonesia di pasar global, perlu double track strategy: 1) meningkatkan produktivi- tas dan 2) efisiensi produksi dan menyusun strategi bauran pemasaran produk minyak sawit untuk ... -
Analisis Strategi dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca pada Budidaya Padi di Indonesia
(2024-06)Isu perubahan iklim sedang menjadi masalah utama bagi dunia. Meningkatnya suhu rata-rata yang terjadi disebabkan adanya peningkatan emisi gas rumah kaca (GRK) dari adanya berbagai aktivitas manusia. Dalam dokumen NDC ... -
Analisis Perbandingan Efektifitas CSR PJB –ubjom Indramayu Tahun 2016 dan 2017
(2023)Objektif: Program CSR PT PJB UBJOM Indramayu pada tahun 2017 memasuki tahun ke dua dimana pada tahun 2015 pengelolaan program CSR dialihkan dari PLN ke PT. PJB. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, pada tahun ini ... -
Perilaku Petani Padi Studi Kasus Jawa Barat
(2023)Jawa Barat merupakan salah satu Propinsi yang potensial di Indonesia terutama dalam usahatani padi. Periode tahun 1993 sampai dengan tahun 2013, produksi padi sangat berfluktuasi dimana luas panen, produksi dan produktifitas ... -
Perilaku Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Danau Situ Gede
(2023)Danau Situ Gede atau biasa di sebut Danau Situ Ageng Terletak di tepi Hutan Dramaga. Telaga ini memiliki luas sekitar 6 Ha dengan kedalaman air hingga 6 meter dan merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Pada ... -
Analisis lingkungan usaha dan bauran pemasaran dalam strategi bersaing produk kopi bubuk
(2000)Industri pengolahan kopi mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Selain berpotensi karena bahan baku yang tersedia secara melimpah, pasarnya juga masih terbuka luas sebagai minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. ... -
Inklusi Digital Dan Keuangan Umkm
(2023)Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang mendalam terhadap perekonomian Indonesia. Dampak negatif pandemi tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia, dari sisi permintaan, namun juga oleh sektor bisnis, dari sisi ... -
Regulatory Impact Assessment (RIA) R-Permendag tentang Kebijakan Tariff Rate Quota (TRQ) Untuk Impor Barang Tertentu dalam Kerangka IUAE-CEPA
(2023)Ada 33 jenis barang konsumsi dengan kode HS 8 digit yang impor dari UAE akan memperoleh falisitas TRQ dengan pemotongan tariff 50% dari base rate. Jumlah yang dicover TRQ adalah 25% impor dunia tahun 2022. Untuk ... -
The Need of Physical Improvement of Online Marketing: The Case of Agribusiness e-Commerce in Indonesia
(2023)By the development of agribusiness e-commerce, the physical contact between seller and buyer is decreasing or even disappearing. The question in this context is whether the tangibility dimension is still needed or – at ... -
Aplikasi Smart Circular Payment for Environmental Services Dalam Rangka Pembentukan Kecamatan Konservasi Berbasis Teknologi
(2022)Tujuan penelitian ini adalah menyusun model imbal jasa lingkungan yang tertintegrasi antar wilayah Sub DAS melalui pedekatan partisipatif dan kolaboratif antar pemangku kepentingan. Model ini merupakan instrumen agar ... -
Manfaat Ekonomi dan Strategi Pengelolaan Bank Sampah Berkelanjutan (Studi kasus: Bank sampah Saung Hijau RW 09, Kelurahan Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur)
(2023)Penelitian ini bertujuan 1) mengkaji dan mengidentifikasi persepsi masyarakat terkait pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah Saung Hijau di RW 09, Kelurahan Wadas, 2) menganalisis manfaat ekonomi dari ... -
Estimasi Nilai Manfaat Ekonomi Pengelolaan Minyak Jelantah Rumah Tangga Di Kampung Kebon Kopi Cibanteng, Kabupaten Bogor
(2023)Minyak jelantah adalah sisa minyak atau produk sampingan yang dihasilkan dari proses penggorengan makanan. Umumnya, masyarakat Indonesia membuang minyak jelantah begitu saja ke lingkungan. Padahal, jika dikelola dengan ... -
Family Bussines Dalam Agribisnis
(2023)Dominasi perusahaan keluarga di asia sama halnya yang terjadi dengan di Indonesia, sekitar 71.5% perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dimiliki oleh keluarga (Claessens et al, 1999). Selain itu menurut data ... -
Analisis Partisan Posdaya Sebagai Lembaga Pra Koperasi
(2023-06)Posdaya adalah lembaga kemasyarakatan baru yang hadir di Indonesia sejak tahun 2009. Posdaya diharapkan tumbuh dan berkembang di Indonesia untuk menjadi solusi dari revitalisasi peran koperasi di negeri ini. Penelitian ini ... -
Analisis Kinerja Posdaya Sebagai Lembaga Pra Koperasi
(2023)Posdaya merupakan lembaga pra koperasi yang mulai muncul di Indonesia dalam satu dekade terakhir. Pertumbuhan posdaya pada setiap desa di Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan perekonomian yang diawali ... -
Karakter Wirausaha Unggul Pertanian Perdesaan
(2023)Kewiraushaan pedesaan terlahirdari persamaan pandangan beberapa Negara seperti Cina ,Amerika Eropa,India,Indonesia dan sebagainya, yakni pada intinya pedesaaan merupakan suatu bebtuk kekerabatan yang didalamnya terdapat ... -
Analisis Daya Saing Ekspor Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) di Negara Tujuan Utama
(2023)Virgin Coconut Oil (VCO) menjadi salah satu produk potensial ekspor subsektor perkebunan. Indonesia menjadi negara terbesar pengekspor VCO di pasar dunia. Industri terkait pengolahan kelapa menjadi VCO banyak mengalami ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pemilihan Pola Kemitraan Peternak Ayam Ras Pedaging di Kabupaten Sukabumi
(2023)Salah satu sektor penyumbang tenaga kerja dan devisa yang terbesar di Indonesia adalah sektor pertanian. Sektor pertanian termasuk sektor terpeting dalam pembangunan nasional karena berperan menyediakan pangan dan sumber ... -
Analisis Daya Saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ekspor Vanili Indonesia di Pasar ASEAN
(2023)Indonesia merupakan negara penghasil vanili kedua terbesar di dunia. Pasar tujuan utama ekspor vanili Indonesia adalah negara maju. Hal ini mengakibatkan ketergantungan ekspor terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk ...