Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Produk dan Jasa PT Krakatau Hoogovens International Pipe Industries
Abstract
Pertumbuhan industri logam yang semakin pesat di Indonesia
membuat PT KHI Pipe Industries sebagai perusahaan produsen pipa baja di
Indonesia harus mampu bersaing dengan cara meningkatkan kepuasan serta
loyalitas pelanggan dari kualitas produk dan jasa yang dimiliki. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kegiatan magang selama
tiga bulan dengan membagikan kuesioner kepada 40 responden dan alat
analisis berupa deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), Customer
Satisfaction Index (CSI) dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil
menunjukkan perusahaan memiliki tingkat kepuasan 83.69% atribut produk
dan atribut jasa 83.03%. Analisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas
didapat hasil dengan nilai loading factor sebesar 0.40 dengan T hitung
sebesar 2.22. Nilai T hitung yang lebih besar dari T tabel (1.96) menunjukan
bahwa kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Jika
kepuasan meningkat maka akan meningkatkan loyalitas. Persentase loyalitas
pelanggan yang didapat dari analisis deskriptif pernyataan yang diajukan
sebesar 68%. Pelanggan merasa puas dan loyal dari kinerja produk dan
servis yang dimiliki.
Collections
- UT - Management [3455]