Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk Sila Tea House
Abstract
Sila Tea House dengan merek dagang Sila sebagai perusahaan niche market
yang memiliki keterbatasan modal mengalami kesulitan dalam memasarkan produk
artisan tea. Indonesia saat ini menduduki peringkat kedelapan sebagai penghasil
teh terbesar di dunia namun banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui
teh-teh Indonesia yang masuk kategori specialty tea dan artisan tea. Oleh karena
itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik konsumen Sila,
(2) menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja marketing mix Sila, dan
(3) merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk Sila melalui pendekatan
marketing mix 4C. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan IPA.
Hasil penelitian ini mengidentifikasi karakteristik konsumen, perbaikan Sila
melalui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja marketing mix Sila, serta rumusan
strategi pemasaran Sila melalui Kuadran I IPA dengan pendekatan marketing mix
4C yaitu harga yang terjangkau dan bersaing, konten menarik dan informatif di
sosial media, promo, diskon, dan penawaran khusus untuk pelanggan setia.
Collections
- UT - Business [318]