Analisis Hubungan antara Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan pada Aloha Cafe
Date
2023Author
Khansa, Nida Destia
Suroso, Arif Imam
Anggraini, Raden Isma
Metadata
Show full item recordAbstract
Kuliner merupakan sektor yang menempati posisi pertama dalam menyumbang PDB ekonomi kreatif. Tingginya tingkat kompetisi dalam sektor ini, mendorong pelaku usaha untuk terus menyusun strategi yang adaptif dalam menciptakan konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lima dimensi customer experience terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan, serta mengembangkan strategi dalam meningkatkan loyalitas menggunakan pendekatan Segmenting Targeting Positioning (STP). Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif melalui metode survey dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sense, act, think, dan relate experience memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Disarankan bagi Aloha untuk membangun pengalaman yang menyentuh inner feeling dalam mempertahankan maupun meningkatkan loyalitas pelanggan.
Collections
- UT - Business [319]