Analisis Faktor-Faktor yangMemengaruhi Impulse Buying Produk Fashion di E-Commerce oleh Generasi Z
Date
2023Author
R Effendi, Raudhiyah Salsabil
Suwarsinah, Heny Kuswanti
Muhibuddin, Fuad Wahdan
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan internet saat ini mengalami peningkatan secara masif yang menjadi salah satu faktor bertumbuhnya e-commerce di Indonesia. Salah satu perusahaan yang baru saja mengembangkan bisnis ke ranah e-commerce adalah Tiktok. Kemudahan dalam mengakses produk atau jasa memungkinkan konsumen melakukan impulse buying. Para pelaku usaha harus mengetahui perilaku konsumen agar mampu bersaing dan dapat merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhi impulse buying di Tiktok Shop pada generasi Z. Metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS versi 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap impulse buying di Tiktok Shop pada generasi Z yaitu hedonic shopping motives, fashion involvement, time availability, dan presence of others.
Collections
- UT - Business [287]