Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorPalupiningrum, Agustina Widi
dc.contributor.authorAbadi, Peter Satria
dc.date.accessioned2022-10-05T05:48:56Z
dc.date.available2022-10-05T05:48:56Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114881
dc.description.abstractTerdapat beragam tantangan yang muncul dalam upaya pengembangan bakat minat yang dilakukan oleh masyarakat salah satunya adalah akses terhadap komunitas bakat minat sebagai media pengembangan bakat minat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi masyarakat terkait akses kepada aktivitas dan komunitas bakat minat, merancang model bisnis dari rancangan solusi yang sesuai dengan harapan masyarakat, merancang strategi pengembangan platform komunitas sesuai dengan model bisnis yang dibentuk, serta memvalidasi rancangan model bisnis dan prototipe sesuai masalah dan harapan dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan strategi samudera biru sebagai metode utama dengan 40 responden yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan strategi bagi pengembangan platform Bank-Kit.id sebagai solusi yang berfokus pada aspek aktivasi komunitas untuk membentuk sebuah ekosistem komunitas yang berkualitas melalui kemitraan bersama komunitas. Model bisnis yang dapat dibentuk dalam rancangan platform ini adalah produksi konten dan kit pembelajaran komersil bersama mitra komunitas serta kurasi aktivitas dan pesan sosial mitra komunitas untuk menarik kerja sama dengan mitra eksternal.id
dc.description.abstractThere are a lot of challenges that prevent people to maximize the potentials of communities as a media for developing talent and interest. This study aims to identify problems that affect the access to the communities, designing a business model based on the solution created, designing a strategic plan for the creation of a digital platform based on the business model created, and to validate the prototype and business model plan. This study uses the blue ocean strategy as the main method with 40 respondents through purposive sampling. This study concludes in a strategic plan for Bank-Kit.id as a solution which focus on communal activation aspect for building a quality digital community ecosystem through partnering with communities. The business model that can be applied is to produce original content and learning kit with communities and curating community activities and social messages raised to attract collaboration with external partners.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRancangan Strategi Pengembangan Platform Komunitas Bakat Minat Pendukung Kegiatan Eksplorasi Mandiri Masyarakatid
dc.title.alternativeDevelopment of Talent and Interest Community Platform Strategic Plan to Support Independent Exploration Activitiesid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbakat dan minatid
dc.subject.keywordkomunitasid
dc.subject.keywordplatform digitalid
dc.subject.keywordstrategi samudera biruid
dc.subject.keywordblue ocean strategyid
dc.subject.keywordcommunityid
dc.subject.keywordtalent and interestid
dc.subject.keyworddigital platformid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record