View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Kajian Persepsi Terkait Product Placement Permen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo Terhadap Keputusan Pembelian

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (491.2Kb)
      Fulltext (1.333Mb)
      Lampiran (826.6Kb)
      Date
      2022
      Author
      Febriani, Puspa Indria
      Widhiani, Anita Primaswari
      Nuraisyah, Ani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan zaman memicu iklan konvensional menjadi tidak terlalu efektif. Salah satu alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah product placement. Pada awal pandemi Covid-19, PT Mayora Indah Tbk mengalami penurunan pendapatan. Sehingga pada awal tahun 2021, perseroan menerapkan product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo untuk menciptakan demand creation demi meningkatkan penjualan. Perseroan memanfaatkan kepopuleran Korean Wave di Indonesia untuk mendapatkan minat pasar lokal akan produk Kopiko kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi terkait product placement permen Kopiko dalam drama korea Vincenzo terhadap keputusan pembelian serta memberikan rekomendasi pertimbangan manajerial yang tepat untuk PT. Mayora Indah, Tbk maupun perusahaan / brand yang ingin menerapkan strategi product placement pada drama Korea. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif melalui metode survei dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terkait product placement permen Kopiko memiliki dampak dalam kategori moderat terhadap keputusan pembelian. Strategi product placement dalam drama Korea tidak disarankan untuk diterapkan kembali oleh PT Mayora Indah Tbk maupu perusahaan/brand yang ingin meningkatkan permintaan produk. Namun lebih direkomendasikan untuk tujuan meningkatkan image positif, memunculkan ingatan atau minat konsumen kembali, pengenalan produk serta memperluas pangsa pasar global. Jika ingin tetap menerapkan strategi tersebut lebih difokuskan pada dimensi dan indikator yang memiliki dampak yang lebih besar.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114026
      Collections
      • UT - Business [599]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository