Kajian Persepsi Terkait Product Placement Permen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo Terhadap Keputusan Pembelian
Date
2022Author
Febriani, Puspa Indria
Widhiani, Anita Primaswari
Nuraisyah, Ani
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan zaman memicu iklan konvensional menjadi tidak terlalu efektif. Salah satu alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah product placement. Pada awal pandemi Covid-19, PT Mayora Indah Tbk mengalami penurunan pendapatan. Sehingga pada awal tahun 2021, perseroan menerapkan product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo untuk menciptakan demand creation demi meningkatkan penjualan. Perseroan memanfaatkan kepopuleran Korean Wave di Indonesia untuk mendapatkan minat pasar lokal akan produk Kopiko kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi terkait product placement permen Kopiko dalam drama korea Vincenzo terhadap keputusan pembelian serta memberikan rekomendasi pertimbangan manajerial yang tepat untuk PT. Mayora Indah, Tbk maupun perusahaan / brand yang ingin menerapkan strategi product placement pada drama Korea. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif melalui metode survei dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terkait product placement permen Kopiko memiliki dampak dalam kategori moderat terhadap keputusan pembelian. Strategi product placement dalam drama Korea tidak disarankan untuk diterapkan kembali oleh PT Mayora Indah Tbk maupu perusahaan/brand yang ingin meningkatkan permintaan produk. Namun lebih direkomendasikan untuk tujuan meningkatkan image positif, memunculkan ingatan atau minat konsumen kembali, pengenalan produk serta memperluas pangsa pasar global. Jika ingin tetap menerapkan strategi tersebut lebih difokuskan pada dimensi dan indikator yang memiliki dampak yang lebih besar.
Collections
- UT - Business [319]