Analisis Isi Kampanye Cashless E-wallet pada Media Sosial Instagram Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah merubah perilaku konsumen, di antaranya yaitu
konsumen telah mengurangi penggunaan uang tunai dan merubah metode transaksi tradisional menjadi transaksi nontunai dengan menggunakan e-wallet. Melihat perubahan tersebut, penyedia layanan e-wallet gencar melakukan kampanye pembayaran nontunai minim kontak fisik dengan e-wallet di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik unggahan kampanye cashless e-wallet, karakteristik pesan
yang disampaikan, dan persepsi isi pesan yang terdapat dalam unggahan kampanye pemasaran sosial cashless e-wallet yang dilakukan oleh penyedia layanan e-wallet di Instagram selama pandemi COVID-19. Desain penelitian ini adalah eksploratori dengan metode analisis isi kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari akun Instagram penyedia layanan e-wallet di Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 145 unggahan. Data kuantitatif diolah
menggunakan SPSS 25.0 dan data kualitatif diolah menggunakan Nvivo 12. Hasil yang diperoleh adalah unggahan yang diunggah oleh penyedia layanan e-wallet lebih banyak berjenis infografik dan konten pemasaran sosial cashless e-wallet lebih banyak menggunakan ragam bahasa nonformal. Unggahan pemasaran sosial cashless e wallet yang diunggah oleh penyedia layanan e-wallet di Instagram selama pandemi COVID-19 dinilai menimbulkan perasaan menginspirasi dan berpotensi mengubah perilaku.