View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Isi Kampanye Cashless E-wallet pada Media Sosial Instagram Selama Pandemi Covid-19

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (468.7Kb)
      Fullteks (877.4Kb)
      Lampiran (1.227Mb)
      Date
      2022
      Author
      Nurjannah, Fitria
      Sumarwan, Ujang
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pandemi Covid-19 telah merubah perilaku konsumen, di antaranya yaitu konsumen telah mengurangi penggunaan uang tunai dan merubah metode transaksi tradisional menjadi transaksi nontunai dengan menggunakan e-wallet. Melihat perubahan tersebut, penyedia layanan e-wallet gencar melakukan kampanye pembayaran nontunai minim kontak fisik dengan e-wallet di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik unggahan kampanye cashless e-wallet, karakteristik pesan yang disampaikan, dan persepsi isi pesan yang terdapat dalam unggahan kampanye pemasaran sosial cashless e-wallet yang dilakukan oleh penyedia layanan e-wallet di Instagram selama pandemi COVID-19. Desain penelitian ini adalah eksploratori dengan metode analisis isi kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari akun Instagram penyedia layanan e-wallet di Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 145 unggahan. Data kuantitatif diolah menggunakan SPSS 25.0 dan data kualitatif diolah menggunakan Nvivo 12. Hasil yang diperoleh adalah unggahan yang diunggah oleh penyedia layanan e-wallet lebih banyak berjenis infografik dan konten pemasaran sosial cashless e-wallet lebih banyak menggunakan ragam bahasa nonformal. Unggahan pemasaran sosial cashless e wallet yang diunggah oleh penyedia layanan e-wallet di Instagram selama pandemi COVID-19 dinilai menimbulkan perasaan menginspirasi dan berpotensi mengubah perilaku.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111278
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1538]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository