Show simple item record

dc.contributor.advisorAdawiyah, Dede Robiatul
dc.contributor.advisorLince
dc.contributor.authorRakhmadani, Amalia
dc.date.accessioned2020-02-24T06:00:08Z
dc.date.available2020-02-24T06:00:08Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102363
dc.description.abstractBerdasarkan data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, pada tahun 2019, konsumsi susu di Indonesia akan meningkat sebanyak 3.64%. Meningkatnya konsumsi produk susu di Indonesia, menjadikan pelaku industri di bidang susu untuk melakukan pengembangan guna mendapatkan pasar yang lebih luas. Uji ranking hedonik menghendaki panelis untuk mengurutkan sampel dari yang paling disukai hingga yang paling tidak disukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi panelis konsumen anak-anak terhadap susu coklat dengan uji ranking hedonik yang dianalisis menggunakan LSDrank dan R-index, mengetahui pengaruh pemberian informasi harga dan informasi bentuk produk, serta memberikan rekomendasi analisis yang lebih mudah diaplikasikan. Sampel yang diujikan berupa empat susu coklat yang berasal dari PT. A dan PT. B dengan nama sampel: Abubuk, Artd, Bbubuk dan Brtd. Panelis yang diikutsertakan sebanyak 120 konsumen anak-anak (46 laki-laki; 74 perempuan, usia 10 – 12 tahun) yang bersekolah di Jabodetabek. Uji ranking hedonik yang diujikan adalah: blind test (tanpa penambahan informasi), uji harga, dan uji harga disertai informasi bentuk produk. Hasil blind test ulangan 1, blind test ulangan 2, dan uji harga, menunjukkan adanya perbedaan kesukaan yang signifikan pada taraf signifikansi 0.05, sedangkan uji harga disertai bentuk produk tidak menunjukkan adanya sampel yang memiliki perbedaan kesukaan yang signifikan, meskipun terdapat sampel yang berubah peringkatnya yaitu susu siap minum dengan harga paling murah menjadi peringkat 2. Analisis berdasarkan demografi (daerah, tingkat ekonomi, dan jenis kelamin) dilakukan untuk melihat adanya perbedaan hasil uji pada panelis yang lebih sedikit. Analisis LSDrank dan R-index pada jumlah panelis yang lebih sedikit menunjukkan bahwa signifikansi R-index lebih sensitif. Output analisis R-index adalah informasi mengenai preferensi produk dalam bentuk persentase, sehingga analisis R-index lebih direkomendasikan untuk uji hedonik ranking yang diaplikasikan pada ranah riset pasar/industri.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFood scienceid
dc.subject.ddcMilk productid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcJabodetabekid
dc.titlevid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordsusu coklatid
dc.subject.keywordpanelis anakid
dc.subject.keyworduji ranking hedonikid
dc.subject.keywordLSDrankid
dc.subject.keywordR-indexid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record