Strategi Keunggulan Kompetitif pada Toko Ritel Ban Ban Motor
Abstract
Toko Ban Ban Motor menjual ritel ban motor yang menghadapi ketatnya
tingkat kompetisi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor internal
dan eksternal, merumuskan alternatif strategi, dan menyusun prioritas strategi
toko ritel Ban Ban Motor. Pendekatan yang digunakan mencakup matriks Internal
Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks
Internal-Eksternal (IE), matriks SWOT, dan Analytical Hierarchy Process (AHP)
yang didukung peogram Expert Choice 2000. Hasil menunjukkan terdapat
sepuluh faktor internal dan tujuh faktor eksternal. Kekuatan utama terletak pada
penggunaan mesin tyre changer (TC), kelemahan utama adalah tempat yang
kurang strategis, peluang utama terdapat pada keberadaan komunitas ojek dan
motor, serta ancaman utama datang dari banyaknya kompetitior yang sudah
mapan. Enam alternatif strategi berhasil dirumuskan dan yang menempati
prioritas strategi dengan nilai ideal terbesar, 0.293 dengan inkonsistensi sebesar
0.02, adalah penerapan personal selling.
Collections
- UT - Business [425]