View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengetahuan dan Perilaku terkait Label Gizi dan Keputusan Pembelian Makanan Ringan Siap Santap

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (15.38Mb)
      Date
      2019
      Author
      Azizah, Fathiyah
      Rimbawan
      Mauludyani, Anna Vipta Resti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan menganalisis pengetahuan dan perilaku terkait label gizi dan keputusan pembelian makanan ringan siap santap. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari penelitian Rimbawan et al. (2018) berjudul “Market Survey on Front of Pack Nutrition Labelling on Processed Food” yang dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018. Pengolahan dan analisis terhadap data 183 responden dilaksanakan pada Maret-Mei 2019. Mayoritas (81.4%) responden pada penelitian ini adalah wanita dan rata-rata responden berusia 26.2 tahun. Lebih dari separuh responden memiliki pendidikan terakhir pada jenjang perguruan tinggi (mahasiswa) dengan pendapatan berada pada rentang Rp 500 000-Rp 2 000 000. Persentase terbesar (38.3%) responden memiliki pengetahuan mengenai label gizi pada kategori kurang. Lebih dari separuh (57.4%) responden memiliki kebiasaan melihat informasi nilai gizi pada kategori jarang, namun sebagian besar (96.7% dan 86.4%) responden secara berurutan memutuskan membeli makanan ringan siap santap yang memiliki informasi nilai gizi dan yang memiliki profil gizi lebih baik dari produk serupa. Aspek yang paling banyak dipertimbangkan oleh responden baik pria maupun wanita dalam membeli produk pangan olahan adalah harga (63.9%) dan aspek informasi nilai gizi (43.7%). Kandungan zat gizi yang menjadi prioritas responden saat membaca informasi nilai gizi adalah lemak (60.1%) dan gula (51.4%). Pengetahuan mengenai label gizi memiliki hubungan dengan kebiasaan melihat informasi nilai gizi (p<0.001) dan pengambilan keputusan membeli produk yang memiliki profil gizi lebih baik (p=0.007). Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan label gizi (OR 1.028, 90% CI: 1.003-1.054, p=0.063) dan kebiasaan melihat informasi nilai gizi (OR 2.322, 90% CI: 1.156-4.663, p=0.047) terhadap pengambilan keputusan responden membeli produk yang memiliki profil gizi lebih baik dari produk serupa.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101586
      Collections
      • UT - Nutrition Science [1766]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository