Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Seafood Muara Angke di Jagakarsa, Jakarta Selatan
View/ Open
Date
2019Author
Sulaiman, Wa Ode Nuzulurrahmah
Daryanto, Arief
Metadata
Show full item recordAbstract
Rumah Makan Seafood Muara Angke adalah salah satu pelaku usaha di
bidang kuliner makanan laut. Persaingan diantara usaha kuliner makanan laut yang
semakin tinggi mengharuskan pihak internal Rumah Makan Seafood Muara Angke
untuk menyiapkan alternatif strategi pengembangan usaha agar dapat bersaing
dengan restoran lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor internal
dan eksternal yang memengaruhi pengembangan usaha, merumuskan dan
menentukan prioritas alternatif strategi bisnis yang dapat diterapkan. Berdasarkan
hasil analisis SAP, posisi persaingan Rumah Makan Seafood Muara Angke berada
pada posisi bertahan dan berdasarkan analisis ETOP posisi ancaman usaha berada
pada posisi usaha dewasa dengan tipe strategi yang dapat digunakan berdasarkan
analisis SWOT yaitu strategi consolidate. Berdasarkan pengembangan model
matriks SWOT didapatkan delapan alternatif strategi dan prioritas utama
berdasarkan penilaian uji Litmus adalah merekrut karyawan yang memiliki
keterampilan dalam produksi dan sistem informasi komunikasi melalui penetapan
standar prosedur yang jelas.
Collections
- UT - Business [425]