Studi Keragaman Konsumsi Pangan, Status Gizi, Status Besi, dan Kemampuan Kognitif Remaja Putri.
Abstract
Remaja putri sebagai calon ibu merupakan kunci pemutus rantai malnutrisi
sehingga masalah gizi pada remaja putri perlu segera diatasi. Penelitian ini
bertujuan mengetahui hubungan antara konsumsi pangan, status gizi, dan status besi,
dengan kemampuan kognitif remaja putri. Penelitian ini menggunakan desain
cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2019 di SMP
PGRI 8 Kota Bogor dengan subjek berjumlah 81 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian subjek memiliki tinggi badan normal, asupan energi
dan zat gizi tergolong defisit, dan tidak anemia. Terdapat perbedaan signifikan
antara uang saku, pendidikan ayah, pendapatan orang tua, asupan protein, nilai
Bahasa Indonesia, dan nilai Bahasa Inggris pada subjek berstatus gizi stunted dan
normal (p<0.05). Uang saku, pendidikan ayah, pendapatan orang tua, dan asupan
protein memiliki hubungan signifikan dengan status gizi (p<0.05). Hasil uji statistik
menunjukkan bahwa status gizi berhubungan secara signifikan dengan nilai bahasa
Indonesia dan matematika (p=0.028; p=0.044), sementara status besi memiliki
hubungan signifikan dengan nilai matematika dan IPA (p=0.002; p=0.014).
Collections
- UT - Nutrition Science [2865]