Menciptakan Value Proposition dalam Pengembangan Bisnis UMKM Lapis Talas Talasia
View/ Open
Date
2019Author
Ayuningtyas, Wanda Kurnia
Maarif, M Syamsul
Megawati, Lokita Rizky
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan minat Kota Bogor sebagai tempat wisata menjadi peluang
bagi Lapis talas yang merupakan salah satu oleh-oleh kota Bogor yang menjadi
tren. Talasia merupakan salah satu merek yang menjadi produsen lapis talas.
Adanya data penjualan merek lapis talas pesaing yang terus meningkat, menjadi
salah satu masalah bagi Talasia karena penjualan Talasia justru menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan kondisi bisnis lapis talas
Talasia saat ini, (2) mengidentifikasi masalah yang menyebabkan munculnya
permasalahan utama, dan (3) menentukan rumusan solusi dalam menyelesaikan
permasalahan yang ada pada lapis talas Talasia. Penelitian ini dimulai dengan
menganalisis lingkungan bisnis Talasia, menganalisis permasalahan, dan
merumuskan solusi, dimana dalam merusmuskan solusi dilakukan dengan
membuat peta empati, didapat value proposition canvas 0, dilakukan pembobotan
menggunakan metode eckenrode, dan akhirnya diciptakan value proposition
Talasia terbaru yang dipetakan menggunakan value proposition canvas 1. Dengan
hasil diciptakannya lima value proposition baru dan tiga perbaikan value
proposition yang sudah ada, dengan harapan value proposition baru ini dapat
mengembangkan bisnis Talasia.
Collections
- UT - Business [425]