Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Memilih Calon Presiden pada Pemilu 2019 di Pulau Jawa
Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia menerapkan
sistem pemilihan umum presiden setiap lima tahun sekali. Pada tahun ini, Pemilu
Presiden akan kembali digelar. Jumlah pemilih di Indonesia setiap periode terus
meningkat. Hal ini akan menjadi tantangan besar bagi setiap calon presiden dalam
menyusun strategi untuk dapat mengambil hati masyarakat yang akan memilih.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan memilih calon presiden pada Pemilu 2019 di Pulau Jawa dengan
menggunakan teori pemasaran politik sehingga calon kandidat dapat dengan
karakteristik dan perilaku pemilih calon kandidat dapat merumuskan strategi yang
tepat. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan perangkat lunak IBM
SPSS Statistics for Windows Version 25 dan analisis SEM menggunakan perangkat
lunak IBM AMOS Version 22. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang
memengaruhi perilaku pemilih di Pulau Jawa yaitu harga, distribusi, promosi,
kelompok acuan, dan isu politik melalui variabel teori perilaku terencana yaitu
sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persepsian, dan niat memilih.
Collections
- UT - Management [3374]