Faktor-Faktor yang Memengaruhi Awareness pada Produk Pangan Halal di Wilayah Bogor
View/ Open
Date
2019Author
Astutik, Aisah Pratiwi
Hubeis, Musa
Widyastuti, Hardiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam, maka dari itu
pemenuhan kebutuhan pangan halal menjadi potensi besar bagi pasar nasional
maupun global. Pangan halal mencerminkan mutu, kebersihan, dan kesehatan
suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh halal
exposure, religious belief, health reason dan role of halal certification pada
kesadaran halal produk pangan. Penelitian yang akan dilakukan di Kota dan
Kabupaten Bogor menggunakan metode non probability sampling dengan teknik
purposive sampling dengan 200 responden, serta pengolahan data menggunakan
Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan
aplikasi Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan
faktor halal awareness pada masyarakat kota, kabupaten maupun wilayah Bogor
namun ketiganya memiliki tingkat halal awareness yang tinggi.
Collections
- UT - Management [3354]