Pengembangan Pasar Minuman Fungsional Daun Kelor dengan Pendekatan Riset Aksi.
Abstract
Produk minuman fungsional daun kelor merupakan inovasi prospektif yang
diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap antioksidan alami
untuk mengurangi risiko penyakit degeneratif di usia produktif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan konsumen minuman kesehatan
yang ingin mencegah atau mengurangi risiko penyakit degeneratif di usia produktif,
memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui produk minuman
fungsional daun kelor dan menghasilkan kanvas model bisnis terbaik menggunakan
pendekatan riset aksi dalam konteks pencarian pelanggan. Penelitian dimulai
dengan perancangan hipotesis model bisnis yang kemudian diuji pada tahap
pengujian masalah. Hasil uji menunjukkan bahwa masalah utama yang dihadapi
responden yaitu ketakutan timbulnya efek samping, citarasa yang kurang disukai,
kurangnya kepraktisan, informasi produk yang kurang jelas serta keamanan produk
yang kurang terjamin. Produk minuman fungsional daun kelor dirancang untuk
memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Hasil pengujian solusi
menunjukkan bahwa produk dapat diterima oleh sebagian besar responden. Hasil
verifikasi model bisnis menunjukkan bahwa produk telah memiliki kesesuaian
terhadap pasar dan model bisnis layak untuk digunakan.