Pengaruh Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Perilaku Gizi Seimbang pada Siswa SDIT Ishlahul Ummah Leuwiliang
View/ Open
Date
2015Author
Sholihah, Mar'atus
Damayanthi, Evy
Kustiyah, Lilik
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak intervensi pendidikan
GS terhadap perilaku GS pada siswa SDIT Ishlahul Ummah Leuwiliang,
Kabupaten Bogor. Desain penelitian yang digunakan adalah gabungan dari dua
desain yaitu cross sectional study dan quasy experimental, pre-post test without
control droup design. Contoh penelitian sebanyak 104 orang yang terdiri dari 3
orang berstatus gizi kurus, 67 orang berstatus gizi normal, dan 34 orang berstatus
gizi gemuk (IMT/U). Tempat dan subjek penelitian dipilih secara purposive
sampling. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik contoh dan sosial
ekonomi keluarga, perilaku GS, konsumsi pangan, aktivitas fisik, status gizi dan
prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa contoh dengan status gizi
normal memiliki perilaku GS, konsumsi, aktivitas fisik, dan prestasi belajar yang
lebih baik dibandingkan contoh dengan status gizi lainnya. Terdapat perbedaan
yang signifikan (p<0.05) antara hasil pre test dan post test pengetahuan dan sikap
GS. Kesimpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan perilaku GS khususnya
pengetahuan dan sikap GS kearah yang lebih baik setelah diberikan pendidikan
GS.
Collections
- UT - Nutrition Science [2987]