Pola Asuh Makan, Kualitas Konsumsi Protein, dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah
Abstract
Anak usia prasekolah perlu mendapatkan perhatian khusus karena pada masa ini perkembangan dan pertumbuhan fisik anak berjalan dengan cepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pola asuh makan, kualitas konsumsi protein, dan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Desain penelitian adalah cross sectional study. Contoh yang diamati sebanyak 50 anak yang terdiri atas 12 anak dari keluarga nelayan dan 38 anak dari keluarga non nelayan. Sebagian besar contoh dalam penelitian ini memiliki status gizi normal berdasarkan indeks berat badan menurut umur (BB/U), tinggi badan menurut umur (TB/U), dan berat badan menurut tinggi badan (BB/TB). Pola asuh lingkungan pada anak dari keluarga nelayan dan anak dari keluarga non nelayan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Terdapat perbedaan signifikan antara perkembangan kognitif anak dari keluarga nelayan dan anak dari keluarga non nelayan (p<0.05). Faktor yang berhubungan dengan perkembangan kognitif anak meliputi status gizi berdasarkan indeks TB/U (p<0.05) dan subskala stimulasi akademik pada pola asuh lingkungan (instrumen HOME) (p<0.01).
Collections
- UT - Nutrition Science [2863]