Re-Thinking ‘Cajuputs Candy’ Customer Segmentation: Strategi Memperluas Pasar Produk Lozenges
View/ Open
Date
2019Author
Sulistyaningsih, Nabila Yogaswara
Fahmi, Idqan
Metadata
Show full item recordAbstract
Permen merupakan salah satu jenis pangan yang banyak disukai oleh
masyarakat karena keberadaannya yang mudah ditemukan dan harganya yang
terjangkau. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh industri permen atau kembang
gula adalah dengan menonjolkan manfaat atau khasiatnya. Salah satu permen
yang memiliki manfaat kesehatan adalah Cajuputs Candy. Cajuputs Candy
merupakan permen yang diteliti oleh salah satu staff pengajar Departemen Ilmu
dan Teknologi Pangan IPB, Prof. Dr. Ir. C Hanny Wijaya, M.Agr. Penelitian ini
bertujuan: (1) Mengidentifikasi respon konsumen terhadap proses bisnis yang
dijalankan oleh Cajuputs Candy jika dilihat berdasarkan kerangka product, price,
place, dan promotion, (2) Menganalisis tingkat kinerja dan kepentingan
berdasarkan bauran pemasaran dari Cajuputs Candy, (3) Merumuskan strategi
yang dapat digunakan oleh Cajuputs Candy. Hasil penelitian ini memperlihatkan
preferensi empat kategori konsumen yang berbeda-beda tetapi secara umum
artribut yang harus diperbaiki oleh Cajuputs Candy adalah seluruh atribut bauran
pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
Collections
- UT - Business [415]