Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di Maraca Books and Coffee
Abstract
Meningkatnya jumlah pengunjung kafe di Indonesia menunjukan bahwa
tingkat gaya hidup yang semakin meningkat sedangkan tingkat ketertarikan
membaca buku masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal ini membuat para
pelaku bisnis kafe untuk mengembangkan inovasi library café yaitu kafe yang
menyediakan fasilitas membaca berbagai jenis buku. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen, (2) proses pengambilan
keputusan konsumen dan (3) faktor-faktor yang memengaruhi keputusan
pembelian konsumen di Maraca Books and Coffee. Responden pada penelitian ini
yaitu 100 orang. Metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan
teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan bantuan program
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 23 untuk menguji
validitas, reliabilitas, analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian
terdapat delapan faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen yaitu ketertarikan buku dan kenyamanan membaca, kualitas produk
kopi dan kemudahan lokasi, kualitas pelayanan, daya tarik pribadi dan promosi,
ketertarikan coffee, ramah lingkungan, fasilitas pendukung dan pengaruh kerabat.
Collections
- UT - Management [3359]