Analisis Disruptif Teknologi Terhadap Bauran Pemasaran 9P (Belanja Daring dan Belanja Konvensional).
Abstract
Disruptif teknologi merupakan era di mana pelaku usaha harus peka terhadap
perubahan yang terjadi. Teknologi yang terus berkembang menghadirkan inovasi
yang tak terduga. Pelaku usaha yang tidak melakuan perubahan memungkinkan
akan menurunkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan menelaah atribut bauran
pemasaran yang dianggap penting oleh konsumen terhadap objek penelitian,
dengan objek penelitian belanja daring dan belanja konvensional. Belanja dalam
jarigan dikategorikan dengan belanja daring, dan belanja konvensional
dikategorikan menjadi dua yaitu belanja modern dan belanja tradisional. Kedekatan
atribut dengan objek pada penelitian ini di analisis menggunakan analisis biplot
yang berfungsi melihat proximity antara variabel peubah dengan objek penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah; variabel bauran produk, tempat, promosi, bukti fisik,
dan pembayaran dekat dengan belanja modern dan daring. Variabel bauran personal
dekat dengan belanja modern dan belanja tradisional. Variabel harga dan proses
dekat dengan belanja tradisional. Variabel bauran produktivitas dan kualitas dekat
dengan belanja daring.
Collections
- UT - Management [3443]