Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiyono
dc.contributor.advisorHunaefi, Dase
dc.contributor.authorShafira, Nadya Avitri
dc.date.accessioned2019-02-07T08:58:58Z
dc.date.available2019-02-07T08:58:58Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96762
dc.description.abstractPasar kopi dan tingkat konsumsi kopi di Indonesia semakin meningkat yang diiringi dengan semakin beragamnya permintaan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk minuman kopi yang sesuai dengan preferensi konsumen di Kota Bogor. Hasil survei menunjukkan bahwa produk minuman kopi yang menjadi preferensi konsumen di Kota Bogor adalah produk minuman kopi siap minum dengan susu, rasa dominan creamy, karakter aroma kopi yang sangat tajam tercium, karakter body (rasa dimulut) kopi medium/sedang dan menggunakan kemasan botol plastik (perempuan) atau botol kaca (laki-laki). Dari uji organoleptik rating hedonik, didapatkan formula terpilih yaitu F6, F7 dan F8 dengan komposisi susu dan krimer paling tinggi. Formula yang paling mendekati ideal berdasarkan uji profiling dengan metode CATA adalah F6 (laki-laki) dan F8 (perempuan). Atribut yang memengaruhi tingkat kesukaan panelis perempuan adalah aroma caramel, flavor fermented, rasa manis, rasa coffee ID, rasa milky serta mouthfeel/body creamy. Pada panelis laki-laki atribut yang memengaruhi tingkat kesukaan adalah flavor burnt, flavor fermented, rasa coffee ID, rasa milky, rasa manis, rasa pahit dan aftertaste sepat. Mengacu pada hasil survei dan uji organoleptik, formula yang terpilih adalah F8. Analisis proksimat pada F8 memberikan hasil kadar air 79,42 %bb; kadar abu 0,74 %bb; kadar lemak 3,19 %bb; kadar protein 1,74 %bb dan kadar karbohidrat 14,92 %bb.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcFood Scienceid
dc.subject.ddcBeverageid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titlePengembangan Produk Minuman Kopi Siap Minum (Ready-to-Drink) Berdasarkan Preferensi Konsumen di Kota Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordFormulasi produkid
dc.subject.keywordminuman kopiid
dc.subject.keywordsurvei preferensi konsumenid
dc.subject.keyworduji profilingid
dc.subject.keyworduji rating hedonikid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record