Perancangan Strategi dan Pengukuran Kinerja UMKM dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Rozen Specialty Corner).
View/ Open
Date
2018Author
Shabiya, Rasyidatushshalihah
Trisyulianti, Erlin
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu komoditas yang sedang digeluti banyak pelaku UMKM dengan
lingkungan yang sangat kompetitif saat ini diantaranya adalah komoditas kopi. Di
tengah lingkungan tersebut, UMKM perlu persiapan dan strategi yang lebih baik.
Rozen Coffee Indonesia merupakan salah satu pelaku yang memiliki unit bisnis
yang baru dikembangkan yaitu Rozen Specialty Corner. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengidentifikasi sasaran strategis prioritas, merumuskan peta strategi serta
mengetahui tingkat kinerja Rozen Specialty Corner. Data primer yang digunakan
merupakan hasil wawancara, pengisian kuesioner oleh pakar dan pengisian
kuesioner oleh responden. Sementara data sekunder berupa data perusahaan serta
studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan balanced scorecard;
perspektif keuangan, proses bisnis internal, pelanggan, dan pertumbuhan dan
perkembangan untuk menentukan sasaran strategis serta indikator kinerja dan
pengukuran kinerja dari Rozen Specialty Corner. Hasil menunjukkan sasaran
strategis dari perspektif proses bisnis internal menjadi prioritas dengan bobot
sebesar 0.417 sementara hasil pengukuran kinerja Rozen Specialty Corner selama
3 bulan terakhir sebesar 93.5% yang menunjukkan kinerja yang sangat sehat.
Collections
- UT - Management [3465]