Kualitas Interaksi Orang Tua-Anak, Lingkungan Sekolah, dan Karakter Tekun pada Remaja Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas interaksi
orang tua-anak, lingkungan sekolah dan karakter tekun pada remaja siswa SMP.
Penelitian dilakukan di dua sekolah menengah pertama di dua Kecamatan di Kota
Bogor dan melibatkan 86 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random
sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan metode
self report yang diisi responden dengan dipandu peneliti dan wawancara
mendalam kepada beberapa responden. Data dianalisis dengan uji deskriptif, uji
independet t-test, uji korelasi, dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas interaksi orang tua-anak, lingkungan sekolah dan karakter tekun
berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan antara karakter tekun anak
perempuan dan anak laki-laki yaitu anak perempuan memiliki karakter tekun yang
lebih baik dibandingkan anak laki-laki. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat
hubungan positif signifikan antara interaksi orang tua dan anak serta kualitas
lingkungan sekolah dengan karakter tekun. Jenis kelamin dan interaksi ibu dengan
anak berpengaruh positif signifikan terhadap karakter tekun.