View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Perilaku Pembelian Makanan Halal pada Siswa SD, SMP, dan SMA dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (19.79Mb)
      Date
      2018
      Author
      Nasiha, Filza
      Simanjuntak, Megawati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Produk makanan yang tersedia di Indonesia sangat beragam, namun masih banyak produk yang belum memiliki sertifikat halal. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Tantangan tersebut lebih terasa lagi bagi konsumen anak yang belum bisa mengambil keputusan dengan pertimbangan yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, niat beli dan perilaku pembelian makanan halal berdasarkan tingkatan sekolah (SD, SMP, dan SMA). Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli, dan menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku, dan niat beli terhadap perilaku pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan self administered survey yang dilakukan pada 207 siswa SD, SMP, dan SMA. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, uji beda One Way ANOVA, dan SEM. Pengetahuan tertinggi ada pada tingkat SMA. Sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, niat beli, dan perilaku pembelian tertinggi ada pada tingkat SMP. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan perilaku pembelian signifikan antara SMP dengan SMA dan SMA dengan SD. Secara keseluruhan terdapat pengaruh signifikan sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli dan terdapat pengaruh signifikan niat beli terhadap perilaku pembelian.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94853
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1538]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository