Perilaku Pembelian Makanan Halal pada Siswa SD, SMP, dan SMA dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior
Abstract
Produk makanan yang tersedia di Indonesia sangat beragam, namun masih banyak produk yang belum memiliki sertifikat halal. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Tantangan tersebut lebih terasa lagi bagi konsumen anak yang belum bisa mengambil keputusan dengan pertimbangan yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, niat beli dan perilaku pembelian makanan halal berdasarkan tingkatan sekolah (SD, SMP, dan SMA). Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli, dan menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku, dan niat beli terhadap perilaku pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan self administered survey yang dilakukan pada 207 siswa SD, SMP, dan SMA. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, uji beda One Way ANOVA, dan SEM. Pengetahuan tertinggi ada pada tingkat SMA. Sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, niat beli, dan perilaku pembelian tertinggi ada pada tingkat SMP. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan perilaku pembelian signifikan antara SMP dengan SMA dan SMA dengan SD. Secara keseluruhan terdapat pengaruh signifikan sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli dan terdapat pengaruh signifikan niat beli terhadap perilaku pembelian.