Pengaruh Relationship Marketing, Store Atmosphere, dan Social Media Marketing terhadap Customer Trust dan Repurchase Intention Pelanggan (Studi Kasus pada Coffee Shop di Kota Bogor).
Abstract
sesama coffee shop sangat tinggi, oleh karena itu penting bagi masingmasing
coffee shop untuk menemukan cara agar perusahaan dapat
mempertahankan pelanggan, sehingga tercipta repurchase intention yang
berkelanjutan, sebagai tahap awal dari terciptanya loyalitas pelanggan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing, store
atmosphere, dan social media marketing terhadap customer trust dan repurchase
intention pada pelanggan Ngopi Doeloe, Popolo Coffee, Rumah Kopi Ranin,
Starbucks Coffee, The Coffee Bean & Tea Leaf, dan JCo Donuts & Coffee Bogor.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survey. Penelitian ini dilakukan
dengan penyebaran kuesioner kepada 407 pengunjung coffee shop dengan metode
convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif dan structural equation model (SEM) dengan software
IBM SPSS AMOS 20, untuk menguji hipotesis dari pengaruh variabel-variabel
yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel relationship marketing
dan social media marketing masing-masing berpengaruh signifikan terhadap
customer trust dan repurchase intention. Sedangkan store atmosphere tidak
berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention, namun dapat berpengaruh
signifikan melalui variabel customer trust.
Collections
- UT - Management [3443]