Show simple item record

dc.contributor.advisorKhomsan, Ali
dc.contributor.authorDamanik, Muthia Farah Diba
dc.date.accessioned2018-09-19T04:29:32Z
dc.date.available2018-09-19T04:29:32Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93915
dc.description.abstractKejadian kegemukan dan obesitas semakin meningkat setiap tahunnya dan dialami oleh seluruh golongan umur, dimana anak dengan berat badan berlebih cenderung akan merasa kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis hubungan kegemukan dan prestasi belajar siswa. Studi cross sectional dilakukan pada siswa kelas V SD Pertiwi Kota Bogor. Data primer dikumpulkan dari 34 siswa dengan status gizi normal dan 36 siswa dengan status gizi lebih/obes. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berasal dari keluarga menengah ke atas, lingkungan belajar siswa sebagian besar sudah tergolong baik (60%), asupan energi dan zat gizi siswa tergolong defisit. Prevalensi overweight dan obesitas pada siswa sebesar 25.5% dan 19.9%. Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukan terdapat hubungan nyata antara asupan karbohidrat dengan status gizi serta status gizi dengan prestasi belajar (p<0.05), namun tidak menunjukan ada hubungan yang signifikan antara keikutsertaan bimbel, lingkungan belajar, dan intensitas belajar dengan prestasi belajar (p>0.05). Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa status gizi merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcNutritionid
dc.subject.ddcObesityid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleHubungan Kegemukan dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordintensitas belajarid
dc.subject.keywordkegemukanid
dc.subject.keywordlingkungan belajarid
dc.subject.keywordprestasi belajarid
dc.subject.keywordsiswa SDid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record