Analisis Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Commuter Vending Machine di Stasiun Bogor
Abstract
Commuter line merupakan sarana transportasi darat yang sering digunakan
khususnya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi
(Jabodetabek). Penelitian ini bertujuan menganalisis mutu layanan yang
memengaruhi kepuasan pengguna Commuter Vending Machine (C-VIM) di
Stasiun Bogor dan menjelaskan mutu layanan yang paling nyata yang
memengaruhi kepuasan pengguna C-VIM. Data primer didapatkan dengan
menggunakan kuesioner. Data sekunder berupa studi literatur dan publikasi resmi
PT KAI Commuter Indonesia (PT KCI). Metode penentuan responden dilakukan
dengan teknik purposive sampling dengan contoh 100 responden yang pernah
menggunakan C-VIM. Data tersebut dianalisis dengan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan peubah tangibles, responsiveness, realibility,
emphaty dan assurance secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna
C-VIM. Secara parsial peubah responsiveness dan realibility memiliki pengaruh
nyata dan positif terhadap kepuasan pengguna. Hal ini dapat diartikan bahwa
peningkatan mutu pada responsiveness dan realibility lebih berpengaruh nyata
terhadap kepuasan pengguna C-VIM dibandingkan peningkatan mutu pada
tangibles, emphaty dan assurance.
Collections
- UT - Management [3442]