dc.description.abstract | Kafe kopi merupakan tempat yang menyediakan beragam pilihan sajian kopi .
Kopi Oey dan Coffee Toffee merupakan dua kafe kopi yang berada di Kota Bogor
dan telah menerapkan konsep servicescape. Penuansaan lingkungan fisik toko atau
Servicescape yang baik dapat memengaruhi dampak positif bagi perilaku konsumen
yakni pembelian produk. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Menganalisis
karakteristik konsumen kafe kopi, 2) Menganalisis proses keputusan pembelian
pada konsumen kafe kopi, 3) Menganalisis pengaruh servicescape terhadap
keputusan pembelian. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diolah
menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Model (SEM).
Pengunjung Kafe Kopi didominasi pada rentang usia 21-25 tahun. Sebanyak 68.1
persen konsumen merasa bahwa Kafe Kopi tempat yang nyaman, dan sebesar 50.2
persen konsumen ialah pembeli impulsive. Faktor servicescape yang berpengaruh
dalam keputusan pembelian konsumen kafe kopi ialah atmosphere (2.35), fasilitas
(4.04), dan spatial layout (2.05). | id |