Kajian Kesesuaian Nilai Gizi dan Klaim pada Label Pangan Produk Susu Balita terhadap Regulasi BPOM RI (Studi Kasus di PT XYZ).
Abstract
Salah satu produk yang berperan dalam pemenuhan gizi balita adalah susu
bubuk. Produk susu balita di Indonesia dikategorikan dalam produk untuk usia 1-3
dan 4-6 tahun dengan tiga segmentasi, yaitu ekonomis, umum, dan premium. PT
XYZ merupakan salah satu produsen produk susu balita. Informasi tentang
kesesuaian nilai gizi dan klaim pada label pangan produk pesaing dibutuhkan untuk
mengetahui posisi perusahaan dan referensi pengembangan produk. Kajian
kesesuaian dilakukan pada 22 sampel untuk masing-masing kelompok sampel
terhadap Peraturan Kepala BPOM (PerKBPOM) No. 31 tahun 2013 tentang
Pengawasan Formula Pertumbuhan dan kesesuaian klaim terhadap PerKBPOM No.
13 tahun 2016 tentang Pengawasan Klaim pada Label dan Iklan Pangan Olahan.
Produk ekonomis memiliki ketidaksesuaian kandungan nilai gizi hingga 4 variabel,
sedangkan produk umum dan premium sebanyak 2 variabel. Kesesuaian antara
kandungan nilai gizi aktual dan nilai yang tertera pada label tidak dipengaruhi oleh
segmentasi produk. Sementara itu masih terdapat penggunaan klaim yang tidak
sesuai dengan regulasi. Klaim yang dicantumkan tidak bergantung pada segmentasi
produk tetapi bergantung pada keputusan bagian pemasaran perusahaan produsen.