Pengaruh Motivasi dan Persepsi Risiko terhadap Perilaku Konsumsi Susu Fapet IPB dan Hasil Olahannya pada Mahasiswa IPB.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh motivasi dan persepsi risiko
terhadap perilaku konsumsi susu Fapet IPB dan hasil olahannya pada mahasiswa
IPB. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode nonprobability
sampling dengan teknik convieniece sampling. Lokasi penelitian di
Institut Pertanian Bogor, Dramaga. Contoh dalam penelitian ini adalah 209
mahasiswa aktif Institut Pertanian Bogor semester 2, 4, dan 6. Hasil penelitian
menunjukkan motivasi intrinsik sebagai dimensi motivasi yang mendominasi
mahasiswa dalam mengonsumsi susu Fapet dan hasil olahannya. Persepsi risiko
waktu sebagai yang dipersepsikan paling berisiko oleh mahasiswa. Rata-rata
frekuensi mahasiswa mengonsumsi susu Fapet IPB dan hasil olahannya adalah 6
kl/bl, susu pasteurisasi rasa paling banyak dikonsumsi mahasiswa. Faktor yang
berpengaruh positif signifikan terhadap frekuensi dan jumlah jenis susu dan hasil
olahan Fapet IPB yang dikonsumsi adalah motivasi dan jenis kelamin. Persepsi
risiko tidak memiliki perngaruh terhadap frekuensi dan jumlah jenis susu dan hasil
olahan Fapet IPB.