Pengaruh Kesadaran Materi Pendidikan Konsumen, Sumber Informasi, dan Nilai Materialisme terhadap Perilaku sebagai Konsumen Cerdas pada Remaja
View/ Open
Date
2017Author
Setianingrum, Mia Fitriyah
Yuliati, Lilik Noor
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran materi
pendidikan konsumen, sumber informasi, dan nilai materialisme terhadap perilaku
sebagai konsumen cerdas pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di
perkotaan dan perdesaan Bogor. Contoh dalam penelitian ini adalah siswa SMP
kelas 9 sebanyak 125 siswa yang terdiri atas 62 siswa di perkotaan dan 63 siswa
di perdesaan. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dengan
pertimbangan bahwa siswa telah memperoleh materi pendidikan konsumen pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia untuk kelas 7
hingga kelas 9. Pengambilan data dilakukan dengan teknik self-administered
menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
perbedaan kesadaran materi pendidikan konsumen, sumber informasi, dan
pengetahuan objektif siswa di perkotaan dan perdesaan. Jenis kelamin dan sumber
informasi berpengaruh terhadap perilaku sebagai konsumen cerdas pada siswa
SMP.
Kata kunci: Konsumen cerdas, kesadaran materi pendidikan konsumen, nilai
materialisme, pengetahuan objektif, sumber informasi