Pengaruh Parental Self Efficacy dan Praktik Pengasuhan terhadap Perilaku Agresif pada Anak Prasekolah
Abstract
Perilaku agresif merupakan perilaku yang dimaksudkan untuk melukai orang
lain, hewan, dan benda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
yang memengaruhi perilaku agresif. Penelitian ini melibatkan 36 keluarga dengan
anak usia prasekolah yang dipilih secara purposive. Kriteria contoh pada penelitian
ini adalah ibu sebagai pengasuh utama dan memiliki anak bersekolah di PAUD
Mawar dan Nurul Fajriah, Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten
Bogor. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Data
dianalisis menggunakan uji Chi-square, uji korelasi Spearman, uji korelasi Pearson,
dan regresi linear berganda. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa
parental self efficacy berhubungan negatif signifikan dengan praktik pengasuhan
negatif dan perilaku agresif. Sementara itu, praktik pengasuhan negatif memiliki
hubungan positif signifikan dengan perilaku agresif. Penelitian ini juga menemukan
pengaruh parental self efficacy dan praktik pengasuhan negatif terhadap perilaku
agresif anak.