Pengaruh Karakteristik Sosio-Demografi, Gaya Hidup dan Motivasi terhadap Keberdayaan Konsumen di Bidang Perumahan.
View/ Open
Date
2017Author
Damayanti, Sessy Nabilla
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsumen saat ini berada dalam pasar yang semakin kompleks dan dihadapkan pada jumlah informasi yang semakin banyak dengan pilihan produk dan jasa yang semakin beragam. Konsumen lebih mudah terpapar pada penipuan sehingga membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh karakteristik sosio-demografi, gaya hidup, dan motivasi terhadap keberdayaan konsumen di bidang perumahan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Analisis data menggunakan analisis inferensia dan deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah orang yang melakukan pembelian rumah secara langsung ke pemasaran sebanyak 70 responden. Hasil penelitian menunjukkan semakin tua responden, skor indeks keberdayaan konsumen semakin tinggi. Semakin tinggi pendapatan, skor indeks keberdayaan konsumen semakin tinggi. Jika responden tidak memiliki pekerjaan maka indeks keberdayaan konsumen semakin tinggi, serta jika responden memiliki kebutuhan aktualisasi diri, maka indeks keberdayaan konsumen semakin tinggi.