dc.description.abstract | ChocolaSpa adalah salah satu salon dan spa terbaik di Bogor yang
menyuguhkan sensasi berbeda dari salon dan spa lainnya, menggunakan rempah
coklat khusus sebagai bahan utama. Perusahaan yang memiliki citra merek kuat akan
lebih mudah memenangkan persaingan. Citra akan terbentuk dengan sendirinya dari
upaya yang ditempuh, maka alat paling tepat untuk mewujudkannya dengan
menerapkan metode Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penelitian ini bertujuan
menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran terpadu secara bersama-sama maupun
sendiri-sendiri dan menganalisis peubah yang berpengaruh secara dominan terhadap
citra merek di ChocolaSpa Bogor. Jenis penelitian ini adalah explanatory research
dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan disebar pada 85
responden yang merupakan konsumen ChocolaSpa Bogor, menggunakan teknik
purposive sampling, uji validitas dan uji reliabilitas, serta menggunakan analisis
deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan periklanan,
promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran
langsung secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap citra merek dan secara
parsial hanya hubungan masyarakat dan penjualan personal yang memikili pengaruh
nyata terhadap citra merek. Penjualan personal merupakan pengaruh yang paling
dominan yang memengaruhi citra merek pada ChocolaSpa Bogor. | id |