Strategi Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kluster Kuliner Kota Bogor
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) kluster kuliner merupakan entitas usaha yang
menghasilkan produk-produk yang sangat bergantung pada keahlian tenaga kerja yang
tersedia. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan SDM yang dimiliki untuk
meningkatkan kinerja UKM. UKM kluster kuliner perlu melakukan strategi-strategi
peningkatan kinerja dengan memperhatikan empat perspektif Balanced Scorecard yaitu
perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis alternatif
strategi peningkatan kinerja pada UKM kluster kuliner di Kota Bogor, merumuskan
strategi peningkatan kinerja pada UKM kluster kuliner Kota Bogor dan mengidentifikasi
ukuran kinerja pada UKM kluster kuliner Kota Bogor. Metode pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan
FGD. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan AHP. Hasil penelitian
merumuskan Sembilan alternative strategi peningkatan kinerja yang dipetakan dalam
strategi SO, WO, ST , WT. Sembilan strategi dari empat perspektif Balanced Scorecard
Terdapat 21 Indikator Kinerja Utama (IKU)
Collections
- UT - Management [3333]