Analisis Strategi Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Berkunjung pada The Jungle Waterpark Bogor
Abstract
Pariwisata merupakan industri yang sangat berperan dalam menghasilkan
devisa dan meningkatkan perekonomian negara. The Jungle Waterpark adalah salah
satu obyek wisata bermain wahana air yang popular di Kota Bogor. Agar tetap
bertahan dalam persaingan bisnis, dibutuhkan strategi yang tepat dalam pengelolaan
bisnis. Strategi yang dapat dilakukan adalah memahami perilaku konsumen
khususnya pengambilan keputusan pembelian, dan menerapkan strategi bauran
pemasaran jasa yang tepat. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi karakteristik
konsumen The Jungle, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen
dalam pembelian jasa wisata The Jungle, (3) Menganalisis pengaruh bauran
pemasaran jasa terhadap keputusan berkunjung pada The Jungle, (4) Menganalisis
tingkat kepentingan peubah bauran pemasaran jasa. Metode pengolahan dan analisis
data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear berganda dan Importance
Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan secara simultan bauran
pemasaran jasa berpengaruh terhadap keputusan berkunjung pada The Jungle dan
secara parsial peubah harga memiliki pengaruh nyata terhadap keputusan berkunjung
pada The Jungle. Peubah harga memiliki bobot kepentingan yang paling tinggi pada
analisis tingkat kepentingan antar peubah.
Collections
- UT - Management [3442]