Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi GO-JEK (Studi Kasus Masyarakat yang Tinggal di Kota Bogor)
Abstract
GO-JEK merupakan salah satu usaha jasa transportasi online yang sedang
berkembang pesat saat ini. Sebagai salah satu jasa transportasi online yang
terpercaya, GO-JEK harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan inovatif
untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumennya. Tujuan penelitian ini
adalah: mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apakah yang
memengaruhi pengambilan keputusan konsumen GO-JEK. Metode pengambilan
sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kuota sampling. Data
dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan
software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan, ada 11 faktor yang
memengaruhi konsumen dalam menggunakan GO-JEK, yaitu kualitas pelayanan
driver dan grafis, perkembangan teknologi, demografis dan psikografis,
perbedaan individu, pengaruh pertemanan, fasilitas pendukung, kenyamanan,
promosi above the line, tempat dan waktu, promosi below the line dan
ketersediaan jasa. Faktor dominan yang paling berpengaruh dalam menggunakan
GO-JEK adalah kualitas pelayanan driver dan grafis yang memiliki keragaman
data sebesar 27,81%.
Collections
- UT - Management [3354]