Analisis Preferensi Pengunjung dan Positioning Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Depok (Studi Kasus: Margo City, Depok Town Square, D’mall Dan ITC Depok)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengambilan keputusan
pengunjung, mengetahui preferensi pengunjung terhadap atribut pusat
perbelanjaan modern dan positioning pusat perbelanjaan modern di Kota Depok
untuk studi kasus Margo City, Depok Town Square, D’Mall dan ITC Depok.
Analisis data mengunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis
(IPA), dan Multidimensional Scaling (MDS). Proses pengambilan keputusan
pengunjung terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi,
evaluasi alternatif, keputusan kunjungan dan evaluasi pasca kunjungan. Kinerja
atribut Margo City yang dinilai paling baik adalah lokasi strategis, yang paling
tidak baik adalah variasi harga. Kinerja atribut Depok Town Square yang dinilai
paling baik adalah variasi harga, yang paling tidak baik adalah sarana
penyampaian kritik dan saran. Kinerja atribut D’Mall yang dinilai paling baik
adalah kemudahan akses angkutan umum, yang paling tidak baik adalah
ketersediaan sarana hiburan (bioskop, game dll). Kinerja atribut ITC Depok yang
dinilai paling baik adalah harga yang terjangkau, yang paling tidak baik adalah
ketersediaan supermarket. Hasil dari analisis MDS adalah posisi D’Mall dan ITC
Depok berdekatan karena adanya kemiripan atribut.
Collections
- UT - Management [3361]